Pernah Terdampak Sesar Lembang di Kampung Muril Rahayu, Bandung Barat, Dadang: Masih Trauma

- 27 Januari 2021, 22:37 WIB
Ilustrasi sesar lembang*/lembangpedia.com
Ilustrasi sesar lembang*/lembangpedia.com /

BERITA KBB – Peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung mengenai ancaman Sesar Lembang mengingatkan warga Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat terhadap peristiwa di Kampung Muril Rahayu pada 2011 silam.

Gempa yang berkekuatan 3,3 magnitudo menyebabkan kerusakan ratusan rumah warga di Kampung Muril Rahayu, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua.

Para peneliti menduga kuat hal itu akibat dair pergerakan aktif dari Sesar Lembang yang melintasi jalur permukiman warga tersebut.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Puluhan Ton Ikan Mati di Waduk Saguling, Pembudi Daya Diminta Setop Tebar Benih

Baca Juga: Jabar-NTB Jalin Kerja Sama di Sektor Peternakan

Terkait dengan hal itu, salah seorang korban gempa pada tahun 2011 di Kampung Muril, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Dadang (45) mengatakan, dirinya mengaku trauma dengan kejadian naas yang dialaminya sepuluh tahun silam.

 "Saya takut karena kecamatan Cisarua menjadi salah satu wilayah yang terlintasi oleh patahan sesar Lembang yang terancam kembali gempa," katanya, Rabu 27 Januari 2021.

Dadang menyebut, hingga saat ini dirinya masih membangun rumah yang hancur akibat gempa yang menimpa wilayahnya beberapa tahun silam yang mengakibatkan kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Luapan Sungai Kali Paruk Sebabkan Banjir di Kabupaten Banyumas

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x