Peringati Hari Lahir Sang Anak, Ridwan Kamil Ajak Anak Muda Jabar Berbagi

- 25 Juni 2022, 13:34 WIB
Atalia bagikan foto-foto almarhum Eril saat kecil.
Atalia bagikan foto-foto almarhum Eril saat kecil. /Instagram ataliapr

 

 
 
BERITA KBB - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah ajakan gerakan saling berbagi pada hari Sabtu 25 Juni 2022, bertepatan dengan hari ulang tahun mendiang Emmeril Kahn Mumtadz yang sering disapa Eril.
 
Melalui akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa langkah berbagi tersebut merupakan pengingat akan kebaikan anak sulungnya, Eril, yang meninggal di Sungai Aare di Swiss. Eril dikenal sebagai orang yang suka berbagi dan membantu orang lain.
 
 Ridwan Kamil mengajak anak muda untuk turut saling berbagi. Gerakan saling berbagi ini dirintis oleh teman - teman Eril.
 
 
Nama gerakan ini juga terinspirasi dari Eril, yaitu GEBERKAHN. Kahn merupakan nama tengah almarhum Eril.
 
"Jika berkenan. Ayo anak muda pada ikutan. Melakukannya sendiri - sendiri. Seharian kita bisa ikut berbagi kebaikan dan keberkahan dengan cara apapun di lingkungan terdekat kita. Teman - temannya menamai kegiatan ini pake (pakai) nama tengah Eril dengan istilah GEBERKAHN (Gerakan Berbagi Kebaikan dan keberkaHaN). Hatur nuhun," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya.
 
Sementara itu, GEBERKAHN merupakan gerakan yang digagas Jabar Bergerak Zillenial (JBZ). Gerakan ini bagian dari merealisasikan aksi sosial jejak kebaikan almarhum Eril. 
 
 
Sebanyak 10.000 paket sembako akan didistribusikan bagi yang membutuhkan di 18 kota atau kabupaten di Jabar.
 
Ketua JBZ Nadzrizal Habib mengaku mendapatkan bantuan sebanyak 10.000 paket sembako dari donatur. Jumlah itu akan disebar ke berbagai daerah.
 
"Empat titik pusat penyaluran itu di JBZ Depok, Cirebon, Purwakarta dan juga Kota Tasikmalaya. Pembagian paket sendiri akan dimulai pada pukul 10.00 WIB Sabtu ini," ujar Nadzrizal.
 
 
Nadzrizal juga mengatakan GEBERKAHN menjadi bagian kampanye kebaikan, seperti membantu orang menyeberang jalan dan lainnya. Kegiatan bagi-bagi sembako dan kampanye kebaikan juga akan dilakukan di sembilan kota lainnya.
"Insya Allah nanti Oktober akan ada kegiatan serupa," ucapnya.
 
Dia menambahkan, dengan adanya GEBERKAHN perdana ini diharapkan pihaknya selaku generasi muda dapat menebar kebermanfaatan lebih luas lagi. 
 
Ia pun mengajak anak-anak muda (zillenial) untuk bisa menebar kebaikan dengan cara apapun, kapanpun dan di manapun, bahkan hanya dengan menebar senyuman.
 
Nadzrizal mengaku banyak belajar mengenai arti bermanfaat untuk sesama dan masyarakat luas, terlebih dengan sosok mentor almarhum Eril yang meninggalkan teladan untuk JBZ.
 
"Sebenarnya banyak banget pesan A Eril ke Izal sendiri. Untuk JBZ ke depannya. Saya sendiri dari daerah Alhamdulillah banget dikasih kesempatan dan kepercayaan. Karena A Eril itu enggak memandang latar belakang yang penting selaras dengan visi misi JBZ," ucapnya.
 
Sementara itu, Pendiri Jabar Bergerak Atalia Praratya mengapresiasi insiatif ini dan berharap gerakan ini dapat diikuti oleh jejaring anak muda yang lain.
 
"Kami mengapresiasi inisiasi JBZ untuk melanjutkan kebiasaan baik A Eril. Semoga bisa menjadi gerakan bersama yang diikuti oleh sebanyak-banyaknya anak muda Indonesia," ujar Atalia.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x