Wajib Coba! 5 Jajanan Pinggir Jalan Korea yang Sering Muncul di Drakor

- 8 Februari 2023, 23:52 WIB
Resep mie pedas korea atau spicy carbonara ramyeon yang pedas, gurih dan nagih ala Chef Devina Hermawan.
Resep mie pedas korea atau spicy carbonara ramyeon yang pedas, gurih dan nagih ala Chef Devina Hermawan. /Tangkap layar youtube.com/Devina Hermawan

BERITA KBB – Budaya Korea sudah sangat dikenal hampir di seluruh dunia, salah satunya tentang makanan dan jajanan. Banyak orang tertarik dengan makanan ala Korea Selatan melalui acara variety dan serial Drama Korea (Drakor).
 
Dengan promosi yang apik dari penampilan acara, banyak yang tergiur ingin mencoba rasa jajanan khas Korea. Namun, jangan khawatir karena sekarang sudah banyak merk jajanan Korea yang dipasarkan di Indonesia, bahkan dengan bentuk instan.
 
Untuk para pencinta kuliner wajib coba beberapa jajanan Kore ini. Penasaran apa saja 5 jajanan tersebut, simak penjelasan di bawah ini.
 
 
Berikut 5 jajanan Korea yang sering muncul di Drakor
 
1. Ramyeon
Ramyun atau ramyeon adalah hidangan mie kuah ala Korea. Di Korea Selatan, mie ini biasanya langsung disantap langsung dari pancinya. Ramyeon dengan rasa pedas gurih ini seringkali ditambahkan pelengkap seperti telur, irisan daging, jamur, daun bawang, kimchi, dan sebagainya.
 
Mie khas Korea Selatan ini sangat mudah dijumpai di manapun, mulai dari supermarket hingga jajanan kaki lima di Negeri Ginseng tersebut. Bahkan, tak jarang di acara-acara ataupun drakor yang menampilkan artis di dalamnya memakan ramyeon.
 
Beberapa merk ramyeon juga sudah dipasarkan di Indonesia, sehingga kita pun bisa ikut merasakan rasa khas dari mie tersebut.
 
2. Tteokbokki
Jajanan kue beras yang berbahan dasar beras dan diolah sedemikian rupa sampai menghasilkan tekstur yang kenyal, lalu dilengkapi dengan saus dengan rasa asam manis ini adalah tteokbokki.
 
Bentuk dari kue beras ini adalah bulat memanjang seperti silinder berukuran kecil dan disajikan dalam mangkuk serta tambahan beberapa sayur hijau. Lebih nikmat jika disajikan saat cuaca dingin karena cocok dengan rasa khas saus pedas asam manisnya.
 
Di Indonesia juga sudah beredar macam-macam rasa tteobokki yang disajikan secara instan. Sehingga hanya perlu mengikuti prosedur pembuatannya dengan mudah dan cepat.
 
 
3. Jjajangmyeon
Selain ramyeon, ada lagi jenis mie korea yang kerap kali muncul dalam serial drakor, yaitu jjajangmyeon. Sama halnya seperti ramyeon, jjajangmyeon adalah hidangan berbentuk mie.
 
Jjajangmyeon adalah mie dengan saus pasta kacang kedelai hitam yang difermentasi, sehingga membuatnya tampak begitu khas. Hidangan mie ini ternyata bukan asli dari Korea, melainkan terinspirasi dari kuliner China yaitu Zhajiangmian.
 
Jajanan ini tersedia di berbagai restoran korea dan juga pedagang pinggir jalan di pusat keramaian. Yang ingin mencoba varian mie ini, dengan pergi ke supermarket ataupun minimarket terdekat di Indonesia pun, kita sudah bisa menemukan mie jjajangmyeon ini.
 
4. Hotteok
Korea juga punya pancake khas-nya sendiri. Hotteok adalah pancake Korea yang lembut, manis, dan gurih. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dipadukan dengan ragi dan isian yang manis gurih. Jajanan Korea ini menjadi kudapan masyarakat di sana saat musim dingin.
 
Kombinasi atau isian dari hotteok yaitu gula merah, cinnamon, selai kacang, dan juga madu. Kue ini berbentuk bulat dan tebalnya seperti pancake berukuran kecil.
 
Hotteok memiliki tekstur yang kenyal dan lembut karena bahan dasarnya terbuat dari tepung ketan.
 
 
5. Corndog
Corndog merupakan jajanan Korea yang dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan ragi, lalu memiliki isian yaitu sosis atau potongan keju mozarella, lapisan luarnya dibalut dengan tepung panir dan digoreng sampai garing.
 
Jajanan ini juga terkenal karena selalu ditampilkan dalam konten mukbang atau konten makan. Corndog semakin melejit popularitasnya berkat suksesnya serial drama korea berjudul Start-Up.
 
Demikian, 5 jajanan yang ada di pedagang kaki lima dan juga sering muncul pada serial drama korea (drakor). Mana saja jajanan yang sudah dicoba? Dan mana yang menjadi jajanan favorit kalian?.***

 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x