Wajib Tahu! Ini 7 Fakta Unik Kabupaten Bandung Barat

- 19 September 2020, 22:01 WIB
OBJEK wisata di Kabupaten Bandung Barat.
OBJEK wisata di Kabupaten Bandung Barat. /Instagram @thegreatasiaafrica.id/

 

BERITA KBB - Kabupaten Bandung Barat berdiri sejak tahun 2007 setelah pemekaran dari Kabupaten Bandung. Daerah berpenduduk hampir 1,8 juta jiwa ini dikelilingi wilayah perbukitan di bagian utara dan selatan.

Daerah yang paling dikenal di kabupaten ini yaitu Lembang karena pesona alamnya. Beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi di Lembang antara lain Gunung Tangkubanparahu, Floating Market, Farmhouse Susu Lembang, The Lodge, dan masih banyak lagi.

Namun di balik itu semua, daerah yang terdiri dari 16 kecamatan ini menyimpan fakta-fakta unik. BERITA KBB merangkumnya ke dalam 7 Fakta Unik tentang Kabupaten Bandung Barat berikut ini.

Baca Juga: Gempa Tektonik Magnitudo 2,9 di Purwakarta Akibat Sesar Cirata, Tak Berpotensi Tsunami

1. Hari Jadi

Pada lima tahun pertama sejak berdirinya, Kabupaten Bandung Barat memperingati hari jadi setiap tanggal 2 Januari. Namun mulai tahun 2013, daerah ini memperingati hari jadi pada tanggal 19 Juni. April.

Berdasarkan berbagai pembahasan dengan pemerintah daerah, DPRD, Komite Pembentukan KBB, dan juga pakar sejarah, Kabupaten Bandung Barat terbentuk pada 2 Januari 2007 yang ditandai dengan pengesahan RUU menjadi UU No.12 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Bandung Barat yang
disahkan Presiden RI.

Namun secara faktual, pemerintahan di daerah itu baru berlangsung 19 Juni 2007 yang ditandai dengan pengangkatan Tjatja Kuswara sebagai pejabat sementara Bupati Bandung Barat.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah