Keren! Ini 10 Bagunan Bersejarah di Bandung Barat, No 7 Sudah Jadi Cagar Budaya Nasional

- 21 September 2020, 17:35 WIB
*/FACEBOOK PT KERTAS PADALARANG
*/FACEBOOK PT KERTAS PADALARANG /

BERITA KBB - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat mencatat ada 117 situs bersejarah yang tersebar di 16 kecamatan. Dari 117 situs tersebut, 10 di antaranya sudah dipasangi plang cagar budaya dan salah satunya sudah menjadi cagar budaya nasional.

Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan pada Disparbud KBB Asep Diki Hidayat mengungkapkan, pihaknya baru saja selesai melakukan pendataan ulang. Hasil pendataan tersebut akan dilanjutkan dengan menginventarisasi kondisi di lapangan yang akan dilakukan Tim Ahli Cagar Budaya.

"Kalau Disparbud hanya mendata saja. Nantinya akan diinventarisasi lagi kondisinya oleh Tim Ahli Cagar Budaya. Selanjutnya, bakal direkomendasikan ke Kemendikbud untuk diregistrasi dan diklasifikasi setiap bangunannya," katanya belum lama ini.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 7 Fakta Unik Kabupaten Bandung Barat

Dia menuturkan,  117 situs bersejarah di KBB  usianya sudah di atas 50 tahun bahkan sudah sampai 100 tahun lebih. Namun keaslian bangunannya tetap terjaga, sehingga layak menjadi cagar budaya ketika diajukan ke pemerintah pusat nanti. "Misalnya, ada Terowongan Sasaksaat yang sudah 100 tahun dan kondisinya tetap kokoh," katanya.

Dari total 117 situs bersejarah, lanjut dia, pihaknya  sudah memasang plang cagar budaya terhadap 10 bangunan. "Nanti setelah diinventarisasi, bisa kami perbaiki dari segi penambahan plang dan fasilitasnya. Sebab, sebagian memang sudah dikenal publik," katanya.

Berikut ini 10 daftar bangunan bersejarah di Bandung Barat yang dipersiapkan menjadi cagar budaya nasional.

Baca Juga: Wow! 5 Ikon di Bandung Barat Ini Ternyata Sudah Mendunia

1. PN Kertas Padalarang

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah