PSBB Jakarta Turunkan 70% Kunjungan Wisatawan ke Lembang

- 23 September 2020, 18:46 WIB
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna /Pikiran Rakyat/Cecep Wijaya/

BERITA KBB – Para pengelola wisata di Kabupaten Bandung Barat melaporkan objek wisata yang dikelolanya mengalami penurunan pengunjung hingga 70 persen akibat terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jakarta.

“Turunnya drastis sampai 70 persen karena kebanyakan pengunjung ke Lembang itu kan dari Jabodetabek,” ujar Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, Rabu, 23 September 2020.

Saat ini, para pengelola wisata di Lembang khususnya hanya mengandalkan kunjungan dari wisatawan asal Jawa Barat. Namun, wisatawan Jawa Barat rata-rata hanya jalan-jalan tanpa berkunjung.

Baca Juga: Dampak PSBB Jakarta, Objek Wisata di Lembang Mulai Sepi Pengunjung

"Memang mengandalkan yang lokal, tapi mereka juga hanya makan atau jalan-jalan. Jarang kalau sampai masuk ke objek wisata," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pariwisata KBB David Oot menambahkan, wisatawan asal luar daerah, termasuk Jakarta biasanya mengunjungi sejumlah objek wisata di wilayah Kecamatan Lembang. Hal itu terlihat dari plat nomor kendaraan yang digunakan para wisatawan.

Menurut dia, menurunnya jumlah wisatawan ke KBB sudah terjadi sejak awal pandemi Covid-19 hingga sekarang. Hal itu pun sangat berdampak pada penurunan pendapatan pajak dari sektor pariwisata.

Baca Juga: Viiral! Anggota DPR Ini Ketahuan Palsukan Kehadiran Dirinya di Zoom Meeting

“Bisa dibayangkan, dari salah satu objek wisata saja di daerah Lembang, penerimaan pajak bisa mencapai Rp 140 juta per bulan. Sejak pandemi ini, penurunannya sangat signifikan. Jauh sekali,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x