Tak Hanya Pariwisata, Sektor Pertanian di Bandung Barat Juga Terdampak PSBB Jakarta

- 23 September 2020, 19:25 WIB
Warga memanfaatkan sungai kering untuk menggarap lahan pertanian
Warga memanfaatkan sungai kering untuk menggarap lahan pertanian /ISTIMEWA

BERITA KBB – Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jakarta ternyata tak hanya berdampak terhadap penurunan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung Barat. Namun, juga berdampak terhadap sektor pertanian.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengungkapkan, disetopnya pengiriman sayuran dari wilayah Kabupaten Bandung Barat ke Jakarta dan sekitarnya membuat petani mengalami kerugian.

"Pertanian di KBB juga sangat terdampak PSBB Jakarta, karena sayurannya tidak laku. Pangsa pasar pertanian KBB itu kan ke Cibitung, Tangerang, Pasar Senen, dan pasar induk lainnya di Jakarta. Sekarang kan tidak boleh masuk ke sana dulu," katanya, Rabu, 23 September 2020.

Baca Juga: PSBB Jakarta Turunkan 70% Kunjungan Wisatawan ke Lembang

Pihaknya berharap pemberlakuan PSBB di Jakarta bisa segera selesai agar sektor wisata dan pertanian di KBB bisa kembali bergeliat untuk menopang ekonomi masyarakat.

"Kami hanya bisa berharap segera selesai PSBB Jakarta, terutama selesai juga pandemi. Kasihan petani dan pengelola wisata, mereka kesulitan sekarang," ucapnya.

Sebagai langkah membantu petani, pihaknya mengimbau agar seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Pemda KBB membeli sayuran langsung dari petani.

"Salah satunya dengan menyiapkan paket sayuran dari petani, nanti biar dibeli oleh ASN KBB. Paketnya baru seribu, harga per paket Rp 50 ribu. Mudah-mudahan bisa membantu mengurangi beban petani," katanya.

Baca Juga: Viiral! Anggota DPR Ini Ketahuan Palsukan Kehadiran Dirinya di Zoom Meeting

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x