Cegah Hal yang Tidak Diinginkan, Disdik KBB Terbitkan Surat Edaran Larangan Study Tour Keluar Kota

- 14 Mei 2024, 18:46 WIB
Bus Putera Fajar yang nahas mengalami kecelakan menewaskan 11 orang di Subang. Akibat Kecelakaan ini, Disdik KBB Terbitkan Surat Edaran Larangan Study Tour
Bus Putera Fajar yang nahas mengalami kecelakan menewaskan 11 orang di Subang. Akibat Kecelakaan ini, Disdik KBB Terbitkan Surat Edaran Larangan Study Tour /Instagram @infojawabarat/

BERITA KBB- Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat (KBB) melarang sekolah untuk melaksanakan kegiatan study tour keluar daerah. Kebijakan itu sebagai tindaklanjut dari surat edaran Pj Gubernur Jawa Barat.

Surat tersebut bernomor : 64/PK.01/Kesra tentang Study Tour Pada Satuan Pendidikan. Disebutkan, bahwa kegiatan study tour diimbau dilaksanakan di dalam kota wilayah Jawa Barat melalui kunjungan ke pusat perkembangan ilmu pengetahuan.

Terkecuali bagi satuan pendidikan yang sudah merencanakan dan melakukan kontrak kerja sama study tour yang dilaksanakan di luar Provinsi Jabar dan tidak dapat dibatalkan.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Nagasari, Jajanan Tradisional yang Sudah Melegenda di Kalangan Masyarakat

Kemudian kegiatan study tour harus digelar ke pusat kebudayaan, dan destinasi wisata edukatif lokal, yang ditujukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya, kegiatan study tour memperhatikan asas kemanfaatan serta keamanan bagi seluruh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan dengan memperhatikan kesiapan awak kendaraan, keamanan jalur yang akan dilewati, serta berkoordinasi dan mendapatkan rekomendasi dari dinas perhubungan kabupaten/kota terkait kelaikan teknis kendaraan.

Ketiga, satuan pendidikan dan yayasan penyelenggara study tour melakukan koordinasi dengan memberikan surat pemberitahuan kepada dinas pendidikan sesuai kewenangannya.

Baca Juga: Sinopsis Parineeti 14 Mei 2024: Nenek Bilang Neeti Adalah Pelakor

“Jika ada sekolah yang melanggar surat edaran tersebut, pasti bakal terkena sanksi. Bisa dalam bentuk surat teguran tertulis kepada kepala sekolah,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan KBB, Rustiyana, Senin 13 Mei 2024.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah