Waspada! Ini Daftar 11 Kecamatan di KBB yang Rawan Bencana Alam

- 19 Oktober 2020, 04:30 WIB
ILUSTRASI bencana alam /dok. PR/.*/dok. PR

BERITA KBB – Masyarakat di 11 dari 16 kecamatan di Kabupaten Bandung Barat diminta agar lebih waspada terhadap potensi bencana alam menjelang musim hujan. Sebab, 11 kecamatan tersebut termasuk daerah yang rawan bencana alam seperti banjir, longsor, dan pergerakan tanah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah KBB Duddy Prabowo mengatakan, dari tahun ke tahun, berbagai bencana alam tersebut kerap terjadi di 11 kecamatan tersebut.

Baca Juga: Profil dan Biodata Renald Ramadhan, dari Aktor hingga Pengusaha Bisnis Digital

"Untuk warga-warga di kecamatan itu, diminta waspada ketika turun hujan karena dikhawatirkan terjadi pergerakan tanah apalagi saat hujan deras," katanya, Minggu, 18 Oktober 2020.

Untuk mendeteksi potensi bencana di wilayahnya, pihaknya telah bekerjasama dengan BMKG untuk memasang alat deteksi pergerakan tanah di beberapa lokasi di antaranya Cililin, Cikalongwetan, Cisarua, Ngamprah, dan Saguling.

"Di beberapa titik itu sudah terpasang early warning system atau alat pendeteksi pergerakan tanah seperti longsor. Kalau turun hujan yang sangat lebat dan ada pergerakan tanah bisa lebih awal dan cepat memberitahu kepada warga untuk segera mengevakuasi dirinya," katanya.

Baca Juga: Pebalap Suzuki Alex Rins Menjuarai MotoGP Aragon, Sementara Quartararo Harus Lengser dari Puncak

Dia menuturkan, BPBD Bandung Barat saat ini menyiapkan 50 personel lapangan yang akan bergerak jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Selain memaksimalkan personilnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta aparatur kewilayahan untuk menghadapi musim penghujan.

"Karena aparatur wilayah seperti kecamatan dan desa yang dekat dengan warganya, serta dibantu peran relawan di setiap daerah masing-masing wilayah," tandasnya.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X