Aneh! Untuk Mencegah Penarikan Secara Besar-Besaran Harga Bitcoin di Ukraina Lebih Mahal Ketimbang di Global

- 28 Februari 2022, 18:20 WIB
Aneh! Untuk Mencegah Penarikan Secara Besar-Besaran Harga Bitcoin di Ukraina Lebih Mahal Ketimbang di Global
Aneh! Untuk Mencegah Penarikan Secara Besar-Besaran Harga Bitcoin di Ukraina Lebih Mahal Ketimbang di Global /Pexels @davidmcbee
 
 
BERITA KBB-Per 28 Februari 2022, harga Bitcoin di Ukraina berada di angka $42.968 per koin atau selisih hampir $5.000 dari harga Bitcoin global.
 
Kenaikan harga ini tidak lain karena Bank Nasional Ukraina melakukan pembatasan penarikan uang tunai harian hingga 100.000 Hryvnia ($3.350) untuk mengontrol arus keluar uang tunai dari Negara Ukraina.

Sebagai informasi tambahan, Hryvnia adalah mata uang resmi Negara Ukraina.
 
 
 
Dengan adanya kebijakan itu membuat nilai mata uang Hryvnia jatuh ke nilai terendahnya, sehingga warga Ukraina berlomba lomba untuk mengamankan nilai asetnya dengan memindahkan ke crypto yang mempunyai kapitalisasi besar seperti Bitcoin dan Ethereum.

Efeknya membuat volume perdagangan crypto di Ukraina melonjak sangat tinggi. Dalam 24 jam terakhir, salah satu exchange crypto Ukraina, Kuna Exchange mengalami volume perdagangan mencapai $1,5 juta.
 
Bahkan pernah menyentuh angka $4,8 juta volume di tanggal 25 Februari, yang seminggu sebelumnya masih berada di angka $850.000.
 
 
Baca Juga: 15.360 Jiwa di 59 Gampong Terdampak Banjir di Aceh Timur

Selain Bitcoin, harga Ethereum di Kuna Exchange juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi.
 
Jika di pasar global Ethereum diperdagangkan di harga $2.660, tetapi di Ukraina harga Ethereum mencapai $2.889 atau berbeda sekitar $220.

Kenapa aset crypto di Ukraina dapat melonjak sangat tinggi? Hal itu karena jumlah Bitcoin dan Ethereum di sana terbatas sementara permintaan akan aset tersebut terus meningkat.
 
 
 
“Mayoritas orang tidak memiliki pilihan lain selain crypto. Orang-orang memiliki uang tunai, dan mereka ingin membeli kripto, tetapi persediaannya sangat terbatas saat ini, " kata Founder Kuna Exchange, Michael Chobanian. 
***


Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x