Perkuat dan Perluas Infrastruktur Fiber Optik dengan Sistem Komunikasi Kabel Bawah Laut

- 25 Juni 2022, 11:17 WIB
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kiri) bersama Senior Vice Presiden, PT NEC Indonesia, Dolat Sembiring (kanan), menyambut
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kiri) bersama Senior Vice Presiden, PT NEC Indonesia, Dolat Sembiring (kanan), menyambut /Istimewa/

BERITA KBB - Setelah beberapa bulan masa pembangunan dan penempatan di bawah bawah laut, Sistem Komunikasi Kabel Bawah Laut (SKKL) Echo akhirnya berlabuh di Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Golden Buoy” sampai di Tanjung Pakis, pada Rabu pagi (22/6/2022), ditarik ke darat untuk selanjutnya disambungkan dengan jaringan milik PT XL Axiata Tbk (XL Axiata).

Turut menyambut kedatangan Golden Buoy tersebut antara lain Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dan Perwakilan NEC Indonesia.  Bagi XL Axiata, berlabuhnya Golden Buoy ini merupakan bagian dari komitmen XL Axiata untuk terus memberikan kualitas jaringan dan layanan yang lebih baik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia dengan penambahan dan ketersediaan infrastruktur jaringan fiber optik yang menghubungkan ke jaringan global.  

Baca Juga: Masih Ada Kabel Melintang, Pemkot Bandung Ancam Potong Kabel Operator Telekomunikasi yang Bandel

Hal ini ini juga selaras dengan upaya XL Axiata untuk mewujudkan visi menjadi operator konvergensi terdepan (#1 converged operator) di Indonesia, termasuk juga untuk mendukung penyediaan layanan internet tercepat bagi pelanggan dan masyarakat “XL Axiata Ada Untuk Indonesia”.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa kedatangan Golden Buoy di Tanjung Pakis ini merupakan bagian dari rangkaian pembangunan proyek SKKL Echo yang sangat panjang, di mana kabel fiber optik ditarik dari California, Amerika Serikat, melintasi Samudera Pasifik, langsung ke sini, dan nanti berlanjut hingga ke Singapura.

"Setelah sampai di Indonesia, SKKL Echo akan dikoneksikan dengan sistem jaringan milik XL Axiata yang kemudian bisa kami manfaatkan untuk meningkatkan kualitas koneksi internet bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia, " katanya. 

Baca Juga: Hadapi Ramadan dan Lebaran, Jaringan Telekomunikasi Ditingkatkan

SKKL Echo dibangun secara bersama oleh Meta, Google, dan XL Axiata. Pembangunan proyek ini mulai dikerjakan sejak 2021 dan direncanakan akan selesai pada tahun 2023. 

Penyerahan “Golden Buoy” SKKL Echo di Tanjung Pakis menandai dimulainya pemasangan SKKL Echo di Indonesia sepanjang tidak kurang dari 4.000 km, dari total seluruhnya sepanjang 15.000 km. Pantai Tanjung Pakis dipilih sebagai landing point di Indonesia ke arah Singapore dan California USA.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x