Tingkatkan Kapabilitas Peserta Prakerja Bukalapak dan Kariermu Buka Kelas Pelatihan

- 29 Mei 2023, 16:57 WIB
Head of Virtual Product Bukalapak  Nungky Aprila, Business Development Manager Karier.mu Fajri Rahman,  Alumni Program Prakerja Nito berbincang pada acara Media Gathering di Bandung, Senin, 29 Mei 2023.
Head of Virtual Product Bukalapak Nungky Aprila, Business Development Manager Karier.mu Fajri Rahman, Alumni Program Prakerja Nito berbincang pada acara Media Gathering di Bandung, Senin, 29 Mei 2023. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Bukalapak selaku mitra digital platform Prakerja dan Kariermu selaku salah satu Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja berkolaborasi dalam memperluas kapabilitas dalam berkarir serta berbisnis bagi masyarakat Indonesia yang mengikuti program Kartu Prakerja.

Melalui kelas-kelas pelatihan dari Kariermu yang tersedia di platform Bukalapak, kedua pihak telah membantu para peserta Prakerja mempelajari ilmu yang dibutuhkan untuk meningkatkan keahlian di pekerjaan mereka, membuka peluang untuk mengembangkan karir, serta mendorong kapabilitas untuk mengoptimalkan bisnis mereka.

Nitto, salah satu alumni Prakerja asal Bandung yang bekerja di ruang lingkup data entry untuk sebuah perusahaan Telco, membagikan cerita mengenai pengalamannya mengikuti kelas pelatihan di Kariermu. Didorong oleh keinginannya untuk menambah keterampilan data entry dan pembuatan laporan dengan Microsoft Excel, Nitto memutuskan untuk mengikuti kelas “Mengoperasikan Microsoft Excel untuk Entri Data”.

Baca Juga: Surat Eril Saat SD Akhirnya Ditemukan, Atalia Praratya Tak Kuasa Menahan Air Mata

“Saat mengikuti kelas ini, saya jadi mengetahui bahwa ada cara-cara yang lebih cepat dan mudah untuk melakukan data entry. Saya terapkan juga pengetahuan baru ini ke pekerjaan saya dan saya bisa bekerja dengan lebih mudah dan cepat. Banyak yang menganggap bahwa data entry adalah sesuatu yang sederhana. Namun, di dalamnya ternyata banyak ilmu baru yang saya perlu pelajari. Banyak juga hack yang saya baru tahu. Sehingga harapan saya, dengan bertambahnya pengetahuan saya ini, ke depannya saya punya kesempatan untuk meningkatkan terus karir saya,” ujar Nitto.

Cerita Nitto sebagai alumni Prakerja juga berasal dari pengalamannya mengambil kelas lainnya di Kariermu, yaitu kelas “Membuat Iklan Facebook dan Instagram bagi Spesialis Digital Marketing”.

Motivasi Nitto dalam mengikuti kelas ini adalah untuk membantu istrinya yang memiliki usaha katering. Ingin bisnis sang istri semakin berkembang, Nitto mempelajari strategi pemasaran melalui kanal Facebook dan Instagram supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca Juga: Rombongan Kutai Kartanegara Memuji Pembinaan Atlet yang Dilakukan NPCI Kota Bandung

“Salah satu ilmu yang saya terapkan adalah cara membuat konten yang menarik. Menjelang Lebaran tahun ini, istri saya menyiapkan paket hampers Lebaran dan saya jadi bisa buat posternya untuk diiklankan di Facebook dan Instagram. Dengan begitu, jadi lebih banyak calon pelanggan yang bisa lihat. Secara umum, kelas ini membantu saya untuk meningkatkan omzet bisnis katering istri saya hingga 25 persen”, ceritanya.

Dua kelas dari Kariermu ini adalah bagian dari total 19 kelas pelatihan daring dan luring yang diselenggarakan oleh Kariermu sebagai LP Prakerja. Sedangkan di Bukalapak terdapat lebih dari 180 pelatihan daring dan luring yang diselenggarakan oleh 32 Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja. Topik pelatihan di Bukalapak bervariasi mulai dari penjualan dan pemasaran, fotografi, hospitality, pertanian, perkantoran umum, design, IT dan data, dan masih banyak lagi.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x