Tim PKM Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Unisba Dampingi Proses Legalisasi Usaha dan Sertifikasi Halal

- 16 Mei 2024, 17:22 WIB
Pendampingan Proses Legalisasi Usaha dan Sertifikasi Halal bagi UMKM Kelompok Wanita Tani (KWT) Luhur Lestari yang dilaksanakan di Kampung Cipicung Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Minggu (5/5/2024).
Pendampingan Proses Legalisasi Usaha dan Sertifikasi Halal bagi UMKM Kelompok Wanita Tani (KWT) Luhur Lestari yang dilaksanakan di Kampung Cipicung Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Minggu (5/5/2024). /istimewa/

BERITA KBB - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung (Unisba) menyelenggarakan Pendampingan Proses Legalisasi Usaha dan Sertifikasi Halal bagi UMKM Kelompok Wanita Tani (KWT) Luhur Lestari yang dilaksanakan di Kampung Cipicung Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Minggu (5/5/2024).

Program ini merupakan realisasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unisba.

PKM ini diketuai oleh Puti Renosori, Ir., M.T., yang beranggotakan Selamat Drs. MT., Ahmad Arief N., ST., MT., serta dibantu empat orang mahasiswa.

Baca Juga: Lantik Dekan Baru, Rektor Unisba Edi Setiadi Tegaskan Jabatan Merupakan Amanah untuk Dirawat!

Ketua tim PKM mengatakan bahwa PKM ini dilatarbelakangi oleh pemberlakuan kewajiban sertifikasi halal di Indonesia yang akan mulai diberlakukan pada 17 Oktober 2024 mendatang.

“Artinya semua produk makanan dan minuman yang beredar dan diperdagangkan di seluruh wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal,” katanya.

Program pemerintah untuk membantu para pelaku usaha mikro dan kecil mendapatkan sertifikat halal yaitu melalui program sehati atau sertifikasi secara gratis.

Baca Juga: Rektor Unisba Edi Setiadi Ajak Civitas Akademika Kembangkan Kebiasaan dari Al-Quran, Apa Sajakah Itu?

Program sertifikasi halal ini bertujuan sebagai nilai tambah untuk peningkatan pangsa pasar, memenuhi tuntutan pasar yang mayoritas adalah konsumen muslim, memberikan rasa aman dan aman bagi konsumen muslim khususnya, serta memenuhi undang-undang yang telah ditetapkan pemerintah yang mewajibkan di sertifikasi halal.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah