Jabar Bisa Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi dan Keuangan Syariah, Ini Potensinya!

- 16 Mei 2024, 17:49 WIB
Acara nasional Roadshow Kita #Halalin Jabar, di Bandung 16 Mei 2024 yang dihadiri oleh seribu UMKM se-Bandung Raya.
Acara nasional Roadshow Kita #Halalin Jabar, di Bandung 16 Mei 2024 yang dihadiri oleh seribu UMKM se-Bandung Raya. /istimewa/

BERITA KBB - Kepala Manajemen Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Jawa Barat KDEKS Provinsi Jawa Barat – Prof Diana Sari, S.E., MMgt., Ph.D. mengatakan bahwa Jawa Barat memiliki potensi besar untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan Syariah sebagai penopang pembangunan nasional.

Hal tersebut disampaikan Diana, dalam acara nasional Roadshow Kita #Halalin Jabar, di Bandung 16 Mei 2024 yang dihadiri oleh seribu UMKM se-Bandung Raya.

"Salah satu kunci penting dalam mewujudkan potensi menjadi kenyataan tersebut adalah kolaborasi pemangku kepentingan Jawa Barat melalui pendekatan pentahelix, dimana pemerintah daerah, perguruan tinggi, dunia usaha, masyarakat, serta media", katanya.

Baca Juga: Asuransi Syariah Sun Life Resmikan KPM untuk Dorong Penguatan Ekonomi Syariah Jabar

Berbagai program baik dari pusat maupun provinsi, kabupaten, dan kota di Jawa Barat tambah Diana banyak yang beririsan dengan aktivitas ekonomi dan keuangan Syariah.

"Kondisi ini yang perlu diharmonisasi sehingga perkembangan ekonomi dan keuangan Syariah lebih terarah dalam rencana pembangunan daerah khususnya di Jawa Barat," ujarnya.

Beberapa potensi tersebut diantaranya adalah Jabar merupakan Provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia yaitu 48.27 juta jiwa (17.2% dari populasi Indonesia) ~ hampir sama dengan populasi Spanyol (negara dengan populasi terbesar di Eropa Selatan).

Baca Juga: Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Jawa Barat kata Diana adalah salah satu penyumbang utama ekonomi Indonesia yaitu 2,209 Triliun IDR ~ hampir sama dengan PDB Aljazair (salah satu negara dengan ekonomi tertinggi di Kawasan Afrika).

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah