Tim PKM Unisba Pecahkan Solusi Meningkatkan Kualitas Produksi KUBE Emping Singkong di Sumedang

- 21 Mei 2024, 11:08 WIB
/istimewa/

BERITA KBB - Sebagai upaya meningkatkan kualitas produksi usaha emping Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Emping Singkong di Desa Parugpug Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (PKM Unisba) menurunkan tim yang diketuai oleh Dr. Ir. Nita Puspita Anugrawati Hidayat, M.T., untuk mempelajari dan memberikan solusi.

Tim yang beranggotakan Prof. Dr. Atih Rohaeti Dariah, SE., M.Si., Aminudin Irfani, S.E., M.Si. dan Muhammad Syarqim Mahfudz, S.T., M.Sc., itu mempelajari proses produksi demikian, teridentifikasi sejumlah solusi diantaranya rekayasa ulang alat pemotong dan alat penekan.

PKM yang dilakanakan sejak Februari hingga Juni 2024 menurut Nita diharapkan mampu memperbaiki kualitas produksi.

Baca Juga: Tim PKM Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Unisba Dampingi Proses Legalisasi Usaha dan Sertifikasi Halal

"Namun solusi alat belum mencukupi tanpa perbaikan dari sisi budaya kerja," katanya, Selasa, 21 Mei 2024.

Nita mengatakan mereka sudah lebih dari 20 tahun menggeluti usaha emping singkong dengan pola mitra antara pelaku usaha dengan 25 rumah tangga dalam produksi setengah jadi.

"Penjualan emping rata-rata 1.000 kg dalam sebulan. Sering permintaan tidak terpenuhi sehingga harus menunggu. Saat ini sudah menggaet sekitar 29 reseller yang tersebar di wilayah Sumedang, Bandung, Garut, Majalengka , Bekasi, Jakarta, Pangandaran, Banten, Cirebon," tambahnya.

Baca Juga: Lantik Dekan Baru, Rektor Unisba Edi Setiadi Tegaskan Jabatan Merupakan Amanah untuk Dirawat!

Namun Nita mengutarakan tidak mudah mengembangkan usaha emping singkong agar produksi meningkat signifikan merespon tingginya permintaan.

"Sejumlah kendala yang dihadapi tidak terbatas di sisi input, juga proses produksi dan budaya kerja," bebernya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah