Tingkatkan SDM di Indonesia, Kemnaker Targetkan Bangun 2.113 BLK Komunitas Hingga Tahun 2020.

- 17 Oktober 2020, 22:33 WIB
Menaker Ida Fauziyah saat silaturahim ke Pimpinan Pusat Muhammdiyah, di Yogyakarta, Sabtu 17 Oktober 2020.
Menaker Ida Fauziyah saat silaturahim ke Pimpinan Pusat Muhammdiyah, di Yogyakarta, Sabtu 17 Oktober 2020. /Humas Kemnaker

BERITA KBB - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengajak Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk berkolaborasi meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Menurut Ida, setiap tahun terdapat sekitar 2 juta - 2,9 juta penduduk usia kerja baru yang masuk ke pasar kerja. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19, terdapat sekitar 6,9 juta pengangguran dan 3,5 juta pekerja terdampak pandemi Covid-19.

Tantangan yang dihadapi dalam pengembangan SDM saat ini lanjut Ida cukup kompleks, mulai dari angkatan kerja yang masih didominasi lulusan SMP ke bawah, tingkat produktivitas stagnan, dan tingkat daya saing yang perlu ditingkatkan.

Baca Juga: Orisinal dan Ramah, Syarat Wisata Berkelanjutan Suatu Daerah

"Dalam isu penguatan dan peningkatan SDM Indonesia ini kami harap menjadi concern bersama. Harus ada kerja sama dan kolaborasi. Kami ingin program dan kegiatan dari Kemnaker mendapat support dari Muhammadiyah," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat melakukan silaturahmi dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Yogyakarta, Sabtu 17 Oktober 2020.

Turut hadir dalam acara ini Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi, Kepala Biro Humas Kemnaker Soes Hindharno, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Kesehatan Agus Taufiqurrohman, Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto, Ketua MPKU Agus Samsuddin, Ketua MDMC Budi Setiawan, dan Wakil MDMC Rahmawati Husein.

Selain itu, dalam peningkatan SDM Indonesia, lanjut Ida, Kemnaker menargetkan membangun 2.113 BLK Komunitas hingga tahun 2020.

Baca Juga: Alhamdulillah, 1.620 Relawan Sudah Disuntik, dan Tidak Ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)

"Pelatihan di BLK Komunitas ini disesuaikan dengan kebutuhan industri. Kalau dilihat, alumni BLK Komunitas ini banyak yang sukses menjadi wirausaha dan masuk pasar kerja," kata Ida.

Dalam rangka melakukan langkah strategis penanganan Covid-19, tambah Ida, Kemnaker juga berikan bantuan program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja melalui jaring pengaman sosial (JPS). Di dalamnya terdiri dari program Tenaga Kerja Mandiri untuk penciptaan wirausaha dan padat karya. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x