Mengenal ERP Indonesia: Pengertian, Manfaat, Fitur, dan Pentingnya untuk Bisnis

- 23 Juni 2022, 09:46 WIB
Laman software ERP yang menawarkan operasional bisnis lebih efisien.
Laman software ERP yang menawarkan operasional bisnis lebih efisien. /Mekari.com

 

 

 

BERITA KBB- Peran teknologi informasi tidak hanya dapat dirasakan dalam kegiatan operasional saja, tetapi juga dalam kegiatan perencanaan dan pemberdayaan sumber daya lain dalam perusahaan terutama di era serba digital seperti saat ini di mana setiap perusahaan wajib untuk berinovasi guna mengembangkan perusahaan yang mereka jalani.

Semua ini menimbulkan tantangan baru bagi perusahaan untuk mengembangkan sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan semua kebutuhan informasi perusahaan.

Teknologi ERP muncul di akhir tahun 1980-an. Kala itu, sistem ERP diklaim mampu memecahkan berbagai permasalahan operasional terkait perusahaan, sehingga perusahaan mampu mengantongi jumlah keuntungan yang tidak sedikit.

Enterprise Resource Planning atau yang lebih kita kenal dengan sistem ERP, tidak hanya berkaitan dengan planning atau resource. ERP adalah paket sistem dan software yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis harian mereka, seperti pengelolaan keuangan, pengadaan, produksi, proyek, SDM, dan-lain-lain.

Sistem ini dapat memfasilitasi bisnis Anda dengan informasi secara real-time dan akurat, sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis dengan baik berdasarkan data yang dihasilkan.

Dahulu, sistem ERP hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar saja, namun seiring berjalannya waktu, saat ini sistem ERP mulai populer di kalangan UKM dan telah banyak diterapkan dalam pengelolaan bisnisnya.

Sistem ERP terbagi menjadi beberapa tingkatan berdasarkan ukuran sebuah perusahaan. Berikut ini merupakan macam-macam kategori sistem ERP Indonesia berdasarkan tingkatannya:

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x