Review Sekilas Artifact, Aplikasi News Reader Berteknologi AI Buatan Amerika: Fitur dan Batasan di Indonesia

- 23 Februari 2023, 19:09 WIB
Berikut review sekilas aplikasi news reader Artifact buatan Amerika Serikat yang menggunakan teknologi AI, bagaimana penggunaannya di Indonesia?
Berikut review sekilas aplikasi news reader Artifact buatan Amerika Serikat yang menggunakan teknologi AI, bagaimana penggunaannya di Indonesia? /Pixabay @Alexandra_Koch/

 

Berita KBB - Co-founder Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger telah meluncurkan aplikasi news reader atau pembaca berita bernama Artifact, Kamis 23 Februari 2023. Aplikasi ini dapat diunduh oleh publik tanpa perlu sign-up atau mendaftar terlebih dahulu.

Melansir Techcrunch Kamis 23 Februari 2023, Artifact adalah versi Amerika Serikat dari aplikasi pembaca berita Toutiao milik Cina dan Smartnews milik Jepang.

Aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan algoritma dan machine learning untuk menyusun set berita hasil kurasi berdasarkan konten yang dibaca pengguna.

Baca Juga: Movie Crayon Shin-chan Terbaru Umumkan Tanggal Rilis, Kisahkan Kekuatan Super Shin-chan dalam Animasi 3DCG

Systrom mengatakan, meskipun Artifact memiliki kesamaan dengan aplikasi-aplikasi pembaca berita tadi, kenyataannya justru lebih kompleks dan berbeda. Machine learning yang digunakan Artifact berbasis pada Transformer yang ditemukan pada 2017 oleh Google.

“Kehadiran Artifact ini sama seperti saat Instagram pertama dikembangkan. Ketika sudah ada aplikasi berbagi foto lain, harus ada sesuatu yang membedakan teknologi baru dengan teknologi yang sudah ada untuk menciptakan niche market,” ujarnya.

Systrom menyatakan, teknologi yang tersemat di balik aplikasi tersebut membutuhkan sejumlah tertentu data dan jumlah orang yang menggunakannya untuk menawarkan pengalaman terbaik. Menurutnya, aplikasi ini sudah siap untuk khalayak yang lebih besar.

Artifact bertujuan menyediakan alat untuk memungkinkan pembaca mempersonalisasi dan mengembangkan feed mereka. Pengguna dapat mengelola jenis berita yang ingin mereka baca dengan memilih media berita atau memilih kategori berita umum.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x