Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami! Intip Penjelasanya!

- 21 Juni 2022, 14:44 WIB
cara menurunkan kolesterol secara alami
cara menurunkan kolesterol secara alami /tangkap layar/you tube/ dokter fery TV

 

BERITA KBB - Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor pemicu berbagai penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga stroke.
 
Kolesterol merupakan salah satu zat lemak yang berperan penting untuk metabolisme tubuh. Zat lemak ini membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.
 
Kunci utama cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami perlu melibatkan penataan pola makan dan gaya hidup sehat.
 
 
Karena penyebab utama adanya penyakit kolesterol inipun dikarenakan makanan dan pola hidup kita yang cenderung tidak sehat dan tidak diperhatikan.
 
Maka dari ini penerapan hidup sehat merupakan hal yang penting, bagi anda yang ingin mengetahui cara menurunkan kolesterol secara alami tentu akan kami bantu, berikut kami akan menyajikan beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami.
 
Dilansir dari berbagai sumber, Ini dia beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yakni :
 
 
1.Mengonsumsi Alpukat
Mengonsumsi alpukat bisa menjadi cara menurunkan kolesterol. Buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6, E, dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.
 
2. Mengonsumsi Apel
Cara menurunkan kolesterol berikutnya dengan perbanyak konsumsi apel. Studi yang dipublikasikan di International Journal of Preventive Medicine pada 2011 menyebut konsumsi 300 gram apel setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan kolesterol tinggi. 
 
Hal tersebut disebabkan kandungan polifenol dan serat dalam apel yang ampuh membasmi kolesterol tinggi.
 
3. Bersepeda
Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan bersepeda. Menurut Journal of American Heart Association, orang yang bersepeda ke tempat kerja ataupun ke tempat lain kemungkinan kecil mengalami kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang tidak bersepeda.
 
 
4. Mengonsumsi jeruk dan lemon
Selain apel, jeruk dan lemon juga kerap digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi. 
 
Kedua buah ini memiliki kandungan hesperidin yang dapat mengurangi gejala hipertensi, serta kandungan pektin dan senyawa limonoid yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah.
 
5. Ganti daging merah dengan ikan
Menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah mengganti konsumsi daging merah dengan ikan. Ubah kebiasaan mengonsumsi daging merah dengan makan ikan yang kaya omega 3 seperti ikan kembung, salmon, tuna, atau sarden segar.
 
Pastikan cara memasaknya juga sehat. Hindari ikan yang digoreng karena bisa membuat kolesterol melonjak.
 
6. Kendalikan stres
Menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah mengendalikan stres. Selain menjaga pola makan, stres juga bisa jadi penyebab kolesterol tinggi. Untuk itu, jaga pikiran agar tetap rileks.
 
Anda bisa mengerjakan hobi yang menyenangkan seperti membaca buku, mendengarkan musik, ngopi bersama teman, atau yoga selepas beraktivitas
 
7. Berhenti Merokok
Merokok termasuk faktor risiko penyakit kolesterol. Ketika kamu berhenti merokok, otomatis lemak baik (HDL) yang ada pada tubuhmu mengalami peningkatan. 
 
Itulan cara menurunkan kolesterol yang telah Berita KBB rangkum. Semoga bermanfaat, jangan lupa diterapkan di kehidupan sehari - hari ya.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x