Kolesterol Naik Saat Idul Adha? Begini Cara Mengatasinya

- 21 Juni 2022, 14:49 WIB
Kolesterol Naik Saat Idul Adha? Begini Cara Mengatasinya
Kolesterol Naik Saat Idul Adha? Begini Cara Mengatasinya /Ilustrasi/Pixabay/ArekSocha/

 

 
 
BERITA KBB - Leher belakang tiba - tiba terasa kaku dan kepala pusing setelah menyantap menu khas lebaran idul adha? Mungkin kadar kolesterol Anda meningkat lantaran berlebihan konsumsi daging dan makanan bersantan.
 
Kolesterol memang bermanfaat bagi tubuh, tapi jika kadar kolesterol lebih dari 200 mg/dl justru bisa berdampak buruk bagi tubuh, bahkan bisa jadi pemicu penyakit jantung dan stroke.
 
Kolesterol tinggi disebabkan penumpukan lemak jenuh pada pembuluh darah. Hal tersebut menyebabkan terganggunya aliran darah.
 
 
Meski begitu, kadar kolesterol bisa Anda kendalikan dengan mengatur makanan yang dikonsumsi.
 
Utamanya, cara menurunkan kolesterol secara alami adalah dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.
 
Dikutip dari National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), gaya hidup tak sehat adalah penyebab utama kolesterol tinggi. Namun ada penyebab lainnya seperti genetika, kondisi medis tertentu, dan obat - obatan.
 
 
Berikut cara menurunkan kolesterol yang harus kamu ketahui dikutip dari beberapa situs kesehatan.
 
1. Hindari Makanan yang Berlemak
 
Makanan yang berlemak menjadi musuh bagi pengidap kolesterol tinggi. Alangkah baiknya pilih makanan rendah lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, kacang - kacangan, tahu, putih telur, dan tempe. 
 
Cara mengolahnya pun harus menghindari digoreng dengan minyak.
Untuk meningkatkan kolesterol baik, hendaknya konsumsi makanan lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah.
 
Dikutip dari Medine Plus, lemak tak jenuh mampu menjaga perkembangan sel-sel dalam tubuh. Temukan lemak tak jenuh pada tumbuh - tumbuhan, seperti minyak sayur, minyak zaitun, dan sebagainya.
 
 
2. Mengurangi Konsumsi Gula
 
Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan trigliserida, yaitu jenis lemak berupa kalori tak terpakai.
 
Saat trigliserida naik, kolesterol pun akan mengikuti. Hindari terlalu banyak konsumsi gula dan makanan dengan kandungan gula tinggi, tak terkecuali nasi.
 
3. Konsumsi Buah – Buahan dan Sayuran
 
Salah satu cara terbaik menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.
 
Kandungan serat yang tinggi dalam sayur dan buah efektif melarutkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL).
 
Dilansir dari Health Line, serat yang mampu menyerap kolesterol ke dalam tubuh, mengandung bakteri baik bernama probiotik.
 
Jumlah buah dan sayur yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah 500 gram setiap harinya. Beberapa buah dan sayur dengan kandungan serat tinggi seperti pir, stroberi, pisang, alpukat, wortel, dan brokoli.
 
4. Berolahraga
 
Olahraga secara teratur tidak hanya membuat badan menjadi sehat bugar, namun juga efektif membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kamu disarankan rutin berolahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari.
 
Itulah cara menurunkan kolesterol secara tepat dan efektif. Yuk, segera lakukan gaya hidup dan pola makan sehat sebagai cara mencegah kadar kolesterol jahat yang tinggi. Semoga bermanfaat.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x