Mengkonsumsi Buah Lemon Secara Berlebihan Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan, Simak Penjelasan!

- 22 Juni 2022, 13:58 WIB
Mengkonsumsi Buah Lemon Secara Berlebihan Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan, Simak Penjelasan!
Mengkonsumsi Buah Lemon Secara Berlebihan Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan, Simak Penjelasan! /Tangkapan Layar/YouTube/Saddam Ismail/

 

 
BERITA KBB - Buah lemon merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Memiliki banyak manfaat membuat buah lemon ini hampir setiap hari dikonsumsi oleh sebagian orang.
 
Diketahui jika lemon mengandung vitamin, mineral, kumarin dan lainnya. Membuat buah lemon ini dikenal selain manfaat baik untuk kesehatan, buah lemon ini dapat dicampur dengan beragam masakan.
 
Air lemon disebut - sebut memiliki banyak manfaat salah satunya untuk membantu sistem pencernaan tubuh. Namun siapa sangka bahwa, berlebihan mengkonsumsi buah lemon berbahaya dan dapat berakibat buruk juga pada kesehatan. Dalih - dalih mendapatkan manfaat nya.
 
 
Minum air lemon setiap hari dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan terluar gigi dan juga menyebabkan kerusakan gigi secara keseluruhan.
 
Kandungan asam yang ada dalam air lemon tidak baik untuk lapisan gigi. Minum terlalu banyak air lemon dapat menyebabkan perut terasa mual dan mulas.
 
Jika hal itu sudah menjadi rutinitas kamu, maka segera lah hentikan dan perhatian kesehatan diri kamu.
 
 
Minum air lemon memang mampu memaksimalkan pencernaan dan memberi asupan vitamin C ke dalam tubuh. Namun, meminum air lemon setiap hari ternyata bisa membahayakan kesehatan
 
Karena memang pada dasarnya berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu merupakan hal yang tidak baik. Maka dari itu mari simak penjelasan akan dampak ketika kita berlebihan mengkonsumsi buah lemon.
 
Dilansir diberbagai sumber, berikut adalah beberapa dampak dari bahaya nya mengkonsumsi lemon secara berlebihan :
 
 
1. Menyebabkan migrain
 
Hal ini mungkin dikaitkan dengan kandungan tyramine-monoamine alami yang ada pada lemon. Kandungan ini sering dikaitkan dengan sakit kepala.
 
2. Dehidrasi
 
Dalam kasus yang sangat jarang, air lemon memiliki efek diuretik. Ini dikarenakan kandungan vitamin C atau asam askorbat yang dimiliki lemon. Nutrisi ini kerap dikenal dengan sifat diuretik atau meningkatkan produksi urin di ginjal.
 
Pada kasus tertentu, hal ini juga bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, batasi konsumsi air lemon agar memeroleh manfaat, bukan bahayanya.
 
3. Erosi gigi
 
Seperti yang kita ketahui, lemon memiliki rasa asam yang pekat. Konsumsi terlalu banyak makanan atau minuman asam dapat menyebabkan gigi rusak.
 
Menurut American Dental Association, paparan asam yang terlalu banyak dan terlalu sering dapat mengikis email gigi.
 
4. Sakit perut
 
Merangkum dari Medical News Today, terlalu banyak minum air perasan lemon dapat memperburuk penyakit pencernaan, seperti gastroesophageal reflux (GERD) dan refluks asam.
 
Tak hanya itu, terlalu banyak minum air lemon juga bisa menyebabkan heartburn, mual, dan muntah. Adapun heartburn sendiri menyebabkan rasa terbakar dan nyeri hebat di dada.
 
Itulah penjelasan akan bahayanya mengkonsumsi buah lemon secara berlebih-lebihan, selamat membaca dan semoga bermanfaat.***
 
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x