Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Naik, Simak Penjelasannya!

- 27 Juni 2022, 11:50 WIB
GERD atau asam lambung ternyata dapat menyebabkan komplikasi penyakit, ketahulah gejala hingga untuk mengatasinya.
GERD atau asam lambung ternyata dapat menyebabkan komplikasi penyakit, ketahulah gejala hingga untuk mengatasinya. /Pixabay/
 
 
BERITA KBB - Salah satu penyakit yang mudah kumat dan kerap menyerang siapa aja ialah asam lambung. Nah disini kami akan menyajikan, cara mengatasi asam lambung naik agar anda bisa untuk menghindari risiko penyakit bertambah parah dengan cara tersebut.
 
Namun, sebelum itu mari kita pahami terlebih dahulu apa itu asam lambung.
 
Asam lambung ialah sebuah penyakit pencernaan yang mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan.
 
 
Penyakit asam lambung dikenal juga dengan nama astroesophageal reflux disease atau GERD yang membuat penderitanya merasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. 
 
Gejala dari penyakit asam lambung itu sendiri umumnya muncul minimal dua kali dalam seminggu.
 
Penyakit ini bisa menyerang siapapun, dari mulai anak - anak, dewasa bahkan hingga lansia pun rentan untuk terkena asam lambung.
 
Gejala penyakit ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada. 
 
 
Meskipun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.
 
Adapun salah satu penyebab terjadinya asam lambung menjadi naik itu dikarenakan proses otot kerongkongan bagian bawah atau kerap disebut otot LES melemah dan fungsinya pun mulai tak berjalan dengan baik.
 
Pengaruh otot LES bisa menyebabkan kontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Maka apabila otot ini melemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.
 
Hal itu lah yang menyebabkan terjadinya asam lambung yang naik.
 
Maka itu kita perlu mengetahui cara agar kita dapat mengatasi asam yang naik. Dilansir dari situs informasi kesehatan Halodoc.com, ada sejumlah cara untuk mengatasi asam lambung.
 
1. Jauhi makanan pemicu refluks
 
Cara mengatasi asam lambung naik adalah dengan menghindari makanan tertentu yang memicu mulas, seperti kafein, soda, cokelat, buah dan jus jeruk, tomat, bawang, mint dan makanan berlemak tinggi.
 
2. Konsumsi makanan dengan kandungan banyak serat
 
Khasiat serat salah satunya adalah untuk membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat.
 
3. Mengatur jadwal porsi makan
 
Salah satu cara mengatasi asam lambung naik, yakni dengan menghindari makan dalam porsi besar sekaligus. Cobalah makan lima atau enam porsi kecil sehari.
 
4. Pantang makan sebelum tidur
 
Salah satu kebiasaan yang membuat asam lambung nudah naik adalah makan sebelum tidur. Aktivitas kurang baik satu ini, sering menjadi penyebab naiknya asam lambung. Berhenti makan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur, sehingga perut memiliki kesempatan untuk mengosongkannya sebelum Anda berbaring atau tidur.
 
5. Mengunyah makanan secara perlahan
 
Praktik cara mengatasi asam lambung naik satu ini terdengar ringan, namun sering disepelekan. Padahal dampaknya sangat baik untuk mencegah asam lambung naik
 
6. Jauhi rokok
 
Kebiasaan merokok bisa mengurangi efektivitas otot yang menjaga asam di lambung. Jadi, berhenti merokok bisa menjadi salah satu cara mengatasi asam lambung naik atau kambuh.
 
7. Kenakan pakaian longgar dan tidak ketat
 
Menggunakan pakaian yang longgar bisa menghindari Anda dari risiko mengalami tekanan tambahan pada perut. Langkah ini dijuga dinilai efektif sebagai cara mengatasi asam lambung naik.
 
8. Mengatur poisis tidur
 
Pada saat tidur, Anda bisa menambahkan beberapa bantal di bagian kepala tempat tidur. Tambahan bantal dilakukan agar posisi kepala lebih tinggi sekitar enam inci. Langkah ini dinilai cukup ampuh sebagai cara mengatasi asam lambung naik
 
9. Mengunyah permen karet
 
Aktivitas sepele ini juga dinilai mampu menjadi cara mengatasi asam lambung naik. Dengan mengunyah permen karet, maka dapat meningkatkan produktivitas air liur dalam sistem pencernaan, sehingga memudahkan kinerja lambung saat memproses makanan yang masuk ke tubuh.
 
Demikianlah cara mengatasi asam lambung yang naik, yang telah kami sajikan. 
 
Jangan lupa untuk diterapkan dan apabila penyakit asam lambung yang anda rasakan masih belum menunjukkan adanya perubahan menuju sembu, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Selamat beristirahat.***
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x