Kenali Penyakit Kolesterol yang Bisa Sebabkan Jantung dan Stroke, Berikut Gejala dan Tanda-tandanya

- 2 Juli 2022, 13:42 WIB
Penyakit kolesterol sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian, maka harus dicegah sejak dini
Penyakit kolesterol sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian, maka harus dicegah sejak dini /Pixabay/Chokniti Khongchum
 
BERITA KBB - Penyakit kolesterol seringkali tak menimbulkan gejala. Namun, justru dapat menyebabkan hadirnya sejumlah penyakit kronis, semisal jantung maupun stroke. Anda harus lakukan pengecekan rutin untuk mengendalikan kadar kolesterol yang ada dalam darah.
 
Lalu, bagaimana jika kolesterol tinggi sudah muncul sejak lama? Ya tentu saja, itu dapat berakibat nyeri pada tubuh.
 
Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa ada satu tanda yang umumnya terjadi pada pengidap kolesterol tinggi.
 
 
Nah, biasanya penyakit kolesterol ini ditimbulkan oleh organ hati, atau bisa juga dari makanan yang berasal dari hewan, contohnya daging dan susu.
 
Memang, kolesterol ini diperlukan juga oleh tubuh guna membentuk sel-sel sehatt serta memproduksi sejumlah hormon hingga vitamin D.
 
Tetapi, harus kalian ketahui kolesterol juga dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.
 
 
Meningkatnya kadar kolesterol di dalam darah biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti: berolahraga, sering konsumso makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, merokok, obesitas, dan diabetes.
 
Terus, bagaimana kalau ingin tahu gejala atau tanda-tanda yang menderita kolesterol tinggi? 
 
Ya, yang pertama ialah mudah mengantuk atau mudah lelah, nyeri pada dada sebelah kiri, sering kram dan kesemutan, sakit kepala, rasa berat, dan pegal pada tengkuk, bercak kuning di sekitaran kelopak mata, muncul bintik putih di sekitar mata, hingga warna kuku berubah agak kekuningan.

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x