Jangan Terlewatkan! Ini Dia Tips Diet Berat Badan Dengan Pola Hidup Yang Sehat

- 3 Agustus 2022, 10:25 WIB
Jangan Terlewatkan! Ini Dia Tips Diet Dengan Pola Hidup Yang Sehat
Jangan Terlewatkan! Ini Dia Tips Diet Dengan Pola Hidup Yang Sehat /
 
 
BERITA KBB - Saat ini banyak sekali orang yang mencari tahu tips diet dengan memperhatikan asupan nutrisi, pola makan, dan pola hidup yang sehat.
 
Salah satu diet dengan menerapkan pola hidup yang sehat diantaranya dapat ditunjang dengan olahraga dan istirahat.
 
Dua hal tersebut dapat disebutkan sebagai salah satu faktor yang sangat penting diperhatikan agar berat badan turun dengan cepat.
 
 
Jika kamu dapat mengatur berbagai faktor tersebut dengan baik, maka kamu tidak perlu menerapkan diet ketat yang bisa menyiksa tubuh. 
 
Cara diet yang benar harus dilakukan secara konsisten. Menerapkan kebiasaan sehat dalam menurunkan berat badan merupakan cara diet yang benar. Namun, hal ini hanya berlaku bila kamu berkomitmen dan menerapkannya secara disiplin. 
 
Lalu bagaimana melakukan diet dengan menerapkan pola hidup yang sehat?
 
 
Melansir dari berbagai sumber, Berikut beberapa tips ataupun cara diet dengan menggunakan pola hidup yang sehat yang Berita KBB sajikan :
 
1. Kurangi Asupan Karbohidrat dan Gula 
 
Cara diet yang benar bisa dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Ketika asupan karbohidrat dikurangi, rasa lapar akan turun, dan kamu biasanya akan makan kalori yang jauh lebih sedikit. 
 
Untuk menurunkan berat badan, kamu tidak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya. Cukup konsumsi karbohidrat kompleks dengan porsi yang terpantau. 
 
Selain karbohidrat, gula juga perlu dikurangi saat ingin menurunkan berat badan. Makan banyak gula tambahan dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. 
 
Meminimalkan asupan gula tambahan adalah cara yang bagus untuk memperbaiki pola makan. Hindari konsumsi minuman dan makanan yang mengandung banyak gula.
 
 
2. Konsumsi Makanan Mengandung Serat
 
Cara diet yang benar selanjutnya adalah dengan mengonsumsi banyak serat alami. Makanan kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang setelah makan.
 
Makanan berserat tinggi biasanya membuat kamu membutuhkan lebih banyak waktu dalam proses mengunyah. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi serat juga cenderung akan menghasilkan sedikit kalori. 
 
Kamu bisa mengonsumsi gandum dan buah-buahan segar pada pagi hari sebagai cara menguruskan badan dengan makanan berserat.
 
3. Konsumsi Protein
 
Diet tinggi protein dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Diet tinggi protein juga bisa membuat tubuh merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Tubuh membakar kalori saat mencerna dan memetabolisme protein. 
 
Ini membuat diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Protein yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.
 
4. Minum Air Sebelum Makan
 
Salah satu cara diet yang benar yang tak kalah penting adalah minum air sebelum makan. Hal ini disebabkan karena meneguk air sebelum makan dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang, sehingga terhindar dari makan dalam jumlah yang berlebihan.
 
Kamu juga perlu mencukupi kebutuhan minum air putih setiap harinya, minimal dua liter dalam sehari. Saat mulai merasa lapar, kamu bisa atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, kemudian tetap makan pada waktunya. 
 
Dengan begitu, jumlah kalori yang kamu konsumsi juga akan berkurang.
 
5. Jangan Tinggalkan Sarapan
 
Cara diet yang benar juga bisa dilakukan dengan selalu makan pagi atau sarapan. Sarapan merupakan bagian yang sangat penting dalam menurunkan berat badan.
 
Selalu mengonsumsi sarapan setiap paginya membuat keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat jadi berkurang.
 
Selain itu, sarapan tentunya dapat mengurangi rasa lapar kamu di siang harinya. Dengan begitu, hal ini akan membuat keinginan mengonsumsi makanan secara berlebihan saat makan siang juga berkurang.
 
6. Makan Porsi Kecil
 
Cara diet yang benar selanjutnya adalah dengan makan dalam porsi kecil. Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat kamu terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang.
 
Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik sebagai cara menguruskan badan dibandingkan makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.
 
7. Berjalan Setelah Makan
 
Jika malas berolahraga, maka ada solusi yang lebih sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai cara diet yang benar. Kamu bisa mencoba berjalan sepuluh menit setelah makan. Hal ini dapat membantu membakar beberapa kalori dengan cepat dan melancarkan pencernaan.
 
8. Tidur Cukup
 
Cara diet yang benar tidak hanya bergantung pada makanan saja. Istirahat yang cukup juga sangat penting dalam proses ini. Hal ini karena saat kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat.
 
Hal inilah yang mengakibatkan kamu akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Bahkan, beberapa penelitian menyabutkan bahwa kurang tidur merupakan salah satu faktor penyebab obesitas. Jadi, tidur yang cukup sangat penting sebagai cara menguruskan badan dengan cepat.
 
Tidur pada waktu yang sama setiap harinya sekitar 7-9 jam dapat membuat kamu mendapatkan istirahat yang berkualitas, yang dapat membantu menurunkan berat badan.
 
9. Olahraga Rutin
 
Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet. Cara diet yang benar ini bahkan juga dapat memperlancar sistem peredaran darah, memperbaiki suasana hati, memperbaiki kualitas tidur, serta menjaga bentuk tubuh tetap ideal.
 
Nah, itulah beberapa tips diet dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan tentunya akan berhasil apabila kamu konsisten dalam melakukannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x