Pikiran Rakyat Ajarkan Pengenalan Gramatika untuk Ciptakan Konten Kreator yang Berkualitas

- 2 Februari 2023, 20:56 WIB
Pikiran Rakyat Ajarkan Pengenalan Gramatika untuk Ciptakan Konten Kreator yang Berkualitas
Pikiran Rakyat Ajarkan Pengenalan Gramatika untuk Ciptakan Konten Kreator yang Berkualitas /
 



Berita KBB – Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) selenggarakan pelatihan hari pertama Pengenalan Ekosistem Media Online dan Success Story kepada Content Creator Batch 52, yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, Selasa (24/01).

Irwan Suherman sebagai Editor Pikiran Rakyat menjadi narasumber pada sesi siang hingga sore. Ia membawakan materi dengan judul, “Tata Bahasa, Gramatika, Pemilihan Diksi dengan Pertimbangan Google VS KBBI.”

Sebelum memulai pembahasan, ia lebih dulu melakukan evaluasi terhadap tugas-tugas yang diberikan mentor PRMN untuk para peserta Content Creator Batch 52 di sesi pagi. Melalui penilaian ini, Irwan mendapati beberapa kesalahan terhadap tanda baca, ejaan, maupun tulisan yang tidak menerapkan kaidah-kaidah Bahasa.

“Bahasa Indonesia itu sulit, tetapi masih banyak yang menyebutnya gampang atau menganggap remeh,” terang Irwan membawakan materinya. Maka ia tak heran bila banyak dijumpai kesalahan-kesalahan khususnya fonetik, morfologi, dan sintaksis di artikel berita daring.

Baca Juga: Gelar Pelatihan Content Creator Batch 52, Pikiran Rakyat Angkat Tema Pengenalan Ekosistem Media Online

Bahasa Indonesia Masuk Daftar Bahasa Populer di Internet

Dilansir dari Similarweb, alat yang menghitung total traffic sekaligus kata kunci pencarian situs-situs di internet, menyebutkan bahwa Bahasa Indonesia menjadi bahasa nomor enam paling populer yang digunakan di internet. Namun pada realitasnya, penggunaan Bahasa Indonesia masih belum sesuai dengan kaidah umum penulisan.

Irwan memperlihatkan kepada para peserta contoh-contoh kesalahan penulisan yang umum terjadi di media berita online. Seringnya adalah cacat logika, yakni tidak adanya kesinambungan ide maupun argumen yang disajikan pada sebuah kalimat atau paragraf.

Oleh karena itu penting menurut Irwan untuk mengasah logika bahasa seorang penulis dengan sering membaca, membaca, dan membaca.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x