Cara Meningkatkan Fungsi Otak, Mengatur Fokus dan Daya Ingat

- 8 Februari 2023, 13:33 WIB
Cara Meningkatkan Fungsi Otak, Mengatur Fokus dan Daya Ingat
Cara Meningkatkan Fungsi Otak, Mengatur Fokus dan Daya Ingat /pixabay/geralt
BERITA KBB - Kecanduan TikTok dan kebiasaan terlalu lama menggunakan gadget dapat menyebabkan penurunan fokus, kaburnya konsentrasi, meningkatkan masalah mental seperti kecemasan, stres, hingga depresi.

Sering berada di depan layar juga disebut pakar meningkatkan risiko rentan terkena  alzheimer juga demensia. Penyakit Alzheimer membuat penderitanya kehilangan zat kimia dan struktur otak sehingga menyebabkan kematian sel-sel otak yang merusak fungsi memori dan intelegensi.

Sedangkan, ketika seseorang terkena gejala demensia, itu membuatnya kesulitan mengambil keputusan, kehilangan memori, perubahan suasana hati, masalah komunikasi, serta penalaran.

Baca Juga: Sinopsis Suami Pengganti Rabu 8 Januari 2023: Dita dan Dion Kerja Sama Menggagalkan Pernikahan Saka Dinda

Jika sudah memiliki salah satu gejala di atas, penting untuk memiliki tekad agar tidak kecanduan gadget. Bagaimanapun, fokus memiliki peranan penting dalam kehidupan yang dapat menentukan kualitas hidup seseorang.

Lacak waktu dan batasi diri dengan alarm

Pada dasarnya penggunaan gadget telah menjadi kebutuhan primer saat ini. Kita membutuhkannya untuk menyokong kegiatan sehari-hari sebagai pusat informasi, komunikasi, dan hiburan. Namun perhatikan batas waktu penggunaan gadget, beberapa gadget memiliki alat yang berguna untuk menghitung dan menampilkan rata-rata dari total penggunaan yang Anda habiskan dalam sehari.

Alat itu bernama Digital Wellbeing pada Android dan Screen Time pada IOS. Di Digital Wellbeing, Anda dapat mengontrol limit pemakaian di seluruh aplikasi yang dimiliki bahkan untuk batas penggunaan ponsel Anda.

Para ahli berpendapat jika penggunaan ponsel harus dibatasi per hari selama dua jam, di luar dari kebutuhan pekerjaan. Sebuah penelitian terhadap lebih dari ‪220.000‬ remaja menemukan bahwa risiko dampak buruk mulai meningkat setelah rata-rata lebih dari 30 menit menggunakan media sosial dalam sehari.

Baca Juga: Turki dan Suriah Dilanda Gempa Bumi: Pakar Jelaskan Alasan Kerusakan yang Besar

Ketika Anda membuka media sosial, pastikan terlebih dahulu Anda telah menetapkan jam dan waktu untuk mengaksesnya dalam jangka yang pendek. Batasi diri dengan alat ukur waktu serta alat pengingat.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x