Penting! 7 Tipe Manipulasi Psikologis yang Memanfaatkan Titik Lemah Emosi Dan Mental Seseorang

- 4 Maret 2023, 07:17 WIB
Penting! 7 Tipe Manipulasi Psikologis yang Memanfaatkan Titik Lemah Emosi Dan Mental Seseorang
Penting! 7 Tipe Manipulasi Psikologis yang Memanfaatkan Titik Lemah Emosi Dan Mental Seseorang / Pexels/cottonbro studio/

 

BERITA KBB – Manipulasi psikologi merupakan perilaku yang memanfaatkan titik lemah dari kondisi emosi dan mental seseorang.

Tujuannya adalah untuk mengubah persepsi atau tindakan orang tersebut seperti apa yang sang manipulator inginkan. Yang membuat kamu menjadi insecure, merasa bersalah, merasa gak percaya diri, dan sebagainya.

  1. Gaslighting

Kondisi dimana orang akan berbohong dan memutar balikkan fakta yang ada, sehingga kamu menjadi meragukan diri sendiri dan selalu merasa bahwa kamulah yang bersalah dan mengada-ada

Baca Juga: Sinopsis Nakusha ANTV Sabtu, 4 Maret 2023: Digu Ajak Nakusha dan Basha Jalan-Jalan Naik Ambulans

  1. Playing victim

Playing victim dimana orang yang sebenarnya salah tapi kemudian memutar keadaan dan berpura-pura bahwa dia adalah korban, pelaku yang melakukan kesalahan akan memutarbalikkan fakta dengan mengarang cerita untuk menyalahkan orang lain.

  1. Love Boming

Terus-terusan memberikan pujian, perhatian, janji manis, hadiah, atau lain sebagainya. Walaupun kalian belum lama kenal, hal ini dilakukan pelaku untuk membuat kamu tertarik padanya, membuat kamu tidak bisa kehilangan dirinya, membuat kamu menjadi bergantung dengan dia, dan dia jauh lebih mudah untuk mengontrol kamu.

  1. Triangulation

Kondisi dimana orang akan melibatkan pihak ketiga dalam sebuah konflik. Tujuan dari keterlibatan orang ketiga ini adalah untuk membuat dirinya lebih superior dan berkuasa. Misalnya gini, ada orang yang membenci dirimu dan selalu merasa iri. Biasanya orang tersebut akan mempengaruhi orang lain agar ikut membenci dirimu dan bergabung dengannya.

Baca Juga: Kebakaran Melanda Depo Pertamina Plumpang, Damkar Kerahkan 18 unit Mobil dan 90 Personel ke Lokasi Kejadian

  1. Guilt Tripping

Kamu akan dibuat seolah-olah selalu bersalah dan tidak enak hati, kamu merasa apapun yang kamu lakukan itu salah. Kamu akan dibuat merasa takut untuk mengatakan tidak, karena kamu takut mengecewakan orang lain, sehingga kamu tidak bisa menolak untuk melakukan apa yang dia mau.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x