Kenali Penyebab Kualitas Tidur yang Buruk, Berikut Tips Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas Baik

- 18 Maret 2023, 10:20 WIB
Tidur berkualitas
Tidur berkualitas /Pixabay
 

Berita KBB - Saat seseorang beristirahat tidur malam, ada 2 kriteria harus terpenuhi, yaitu tidur cukup dan tidur berkualitas. Seperti ditulis sebelumnya, menurut penelitian terbaru, tidur berkualitas ternyata lebih penting dari tidur cukup berdurasi 8 jam.

Meski begitu, bukan berarti kuantitas durasi tidur menjadi tidak penting. Pasalnya, kurang tidur dapat menimbulkan masalah memori, proses kognitif, risiko tinggi penyakit kardiovaskuler, diabetes, dan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental.

Menurut penelitian tersebut yang diterbitkan dalam jurnal Plos One baru-baru ini, mendapatkan tidur berkualitas dapat meningkatkan kepuasan hidup, kesejahteraan, kebahagiaan, dan kesehatan subjektif. Hanya tekanan pekerjaan yang tidak terpengaruh.

Baca Juga: Jadwal ANTV Sabtu 18 Maret 2023, Akan Tayang Anupamaa, MMA ONE PRIDE dan Suami Pengganti

Lantas apa saja yang bisa menyebabkan tidur berkualitas buruk? Ahli neuropsikologis Sanam Hafeez menyebutkan, beberapa orang memiliki kesulitan tidur dalam tingkatan organik, struktural, genetik, dan kimiawi.


“Merokok, berat badan berlebihan, apnea tidur, stres, kurang olahraga dan tekanan psikososial seperti kesulitan keuangan, ketidakbahagiaan perkawinan dapat berdampak pada durasi dan kualitas tidur,” ujar Hafeez, seperti dikutip Healthline, Rabu 15 Maret 2023.


Jika seseorang mengalami masalah dengan tidur, berikut ini tips cara mendapatkan tidur berkualitas yang bisa dicoba, direkomendasikan oleh para ahli.


Pertama, harus memiliki jam dan durasi tidur yang konsisten. Pasalnya, konsistensi adalah kunci meningkatkan kualitas tidur. Ahli psikologi klinis Shelby Harris menyarankan agar mencoba tidur dan bangun dalam waktu yang konsisten selama 7 hari nonstop.


“Jadwal tidur yang konsisten dapat memperbaiki kualitas tidur dan membuat tidur di malam hari lebih mudah,” ujar Harris.


Selain itu, sebaiknya tidur dimulai lebih awal dari biasanya. Jika mengalami tidur yang kurang nyenyak, lebih baik bangun dan keluar dulu dari tempat tidur, alih-alih berpindah-pindah posisi tidur dengan gelisah.

Baca Juga: Hal yang Dapat Merubah Hidupmu dalam 1 Tahun. Nomor Enam Paling Penting

Tips yang kedua, dapatkan cahaya alami sebanyak mungkin pada waktu pagi hari. Menurut Harris, sinar matahari pagi dapat membantu seseorang lebih segar saat terbangun. Juga membantu mengatur ritme sirkadian yang membuat tidur lebih berkualitas.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Heatlhline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x