Tips Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan 2023, Hindari Benda yang Satu Ini Terutama Saat Sahur!

- 23 Maret 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi mulut bau
Ilustrasi mulut bau /Pixabay.com/ @Mehmet_Egrik
 

Berita KBB - Salah satu kendala yang kerap dihadapi orang yang berpuasa, baik saat Ramadhan 2023 maupun di luar Ramadhan adalah masalah bau mulut.

Masalah ini bisa terjadi terutama jika kita melewatkan menyikat gigi setelah sahur atau tidak menggunakan pasta gigi saat menyikat gigi.

Selain batasan menyikat gigi saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2023, kondisi mulut dan kerongkongan yang kering juga bisa mendatangkan masalah bau mulut ini.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Ridwan Kamil Ajak Satukan Persepsi

Pasalnya, saat kita berpuasa, kita tidak minum selama hampir 13 jam lamanya, sehingga wajar jika mulut terasa kering apalagi saat di siang hari yang terik. Hal serupa terjadi di luar bulan Ramadhan, kurang minum selama sekian jam juga dapat menyebabkan bau mulut.


Bagaimana cara menghindari dan mengatasi bau mulut saat puasa Ramadhan 2023? Ada cara yang bisa dilakukan untuk pengobatan dan pencegahannya. Mari kita bahas cara mengatasi bau mulut saat puasa Ramadhan 2023, jika sudah terlanjur terjadi.


Untuk mengatasi bau mulut saat puasa Ramadhan 2023, anda bisa memanfaatkan khasiat herbal daun sirih. Sudah menjadi rahasia umum bahwa khasiat dari daun sirih ini salah satunya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut.


Cara mengatasi bau mulut saat puasa Ramadhan 2023 dengan daun sirih, pertama Anda siapkan dahulu 7-10 lembar daun sirih, lalu dicuci hingga bersih. Setelah itu, rebus dengan 500 ml air hingga mendidih, lalu saring. Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur.


Jika Anda ragu untuk berkumur dengan daun sirih saat menjalankan puasa Ramadhan 2023, Anda bisa melakukannya setelah waktu berbuka maupun saat sahur, untuk mencegah masalah bau mulut datang lagi saat puasa hari berikutnya.

Baca Juga: Daftar Pemain Ftv Sctv Kamis 23 Maret 2023 'Menebus Cinta Dengan Air Mata

Sementara itu untuk langkah pencegahan bau mulut saat puasa Ramadhan 2023, pastikan menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan sahur. Saat menyikat gigi, bersihkan juga permukaan lidah secara perlahan untuk menghilangkan endapan sisa makanan.


Selain itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih agar tubuh terhidrasi selama puasa dan mencegah penyebab bau mulut, serta makan sayuran segar yang berserat saat berbuka dan sahur. Anda juga bisa mengunyah permen karet bebas gula sekitar 2 menit.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Ramuan Herbal oleh Prof. Hembing Wijayakusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x