Kena Gejala Mata Lelah Akibat Gadget? Penyebabnya Ternyata Tidak Disangka-Sangka, Begini Cara Mengobatinya!

- 8 Juni 2023, 12:30 WIB
Mata lelah. Kena Gejala Mata Lelah Akibat Gadget? Penyebabnya Ternyata Tidak Disangka-Sangka, Begini Cara Mengobatinya!
Mata lelah. Kena Gejala Mata Lelah Akibat Gadget? Penyebabnya Ternyata Tidak Disangka-Sangka, Begini Cara Mengobatinya! /Pixabay/
 

Berita KBB -  Pekerjaan yang melibatkan gadget sering menyebabkan gejala mata lelah. Hal ini umumnya diyakini akibat pancaran radiasi layar gadget dan kurangnya waktu untuk mengistirahatkan mata.

Dilansir Berita KBB dari Healthline, gejala mata lelah secara spesifik salah satunya disebabkan dari kondisi layar gadget. Mayoritas layar gadget, terutama laptop dan komputer, memiliki kontras yang kurang antara background dan tulisan.

Selain itu layar gadget pun rawan terkena pantulan cahaya. Pantulan cahaya ini membuat layar lebih sulit untuk dilihat, sehingga kita akan cenderung menaikkan kecerahan layar untuk bisa melihat dengan jelas dan menyebabkan gejala mata lelah.

Baca Juga: Daftar Pemain Ftv Prime Time ' Cewek Derkuku' Kamis 8 Juni 2023 Pukul 22.45 WIB

Namun selain itu, penyebab gejala mata lelah dari segi layar yang paling tidak disadari adalah tulisan pada layar yang sedikit lebih buram dibandingkan tulisan pada kertas.


Tulisan yang sedikit lebih buram ini membuat otot mata bekerja lebih ekstra, apalagi jika posisi duduk, pencahayaan ruangan dan masalah mata tidak ditangani dengan baik.


Berikut ini gejala mata lelah akibat gadget:

  1. Mata terasa kering dan perih, ada sensasi terbakar atau berair

  2. Tidak kuat untuk fokus menatap sesuatu

  3. Pandangan mata buram atau terasa tidak lurus ke satu titik

  4. Sakit punggung, pundak, dan leher

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x