Punya Penyakit Jantung? Ini tips aman untuk bersepeda

- 25 September 2020, 19:28 WIB
Ilustrasi: Bersepeda menjadi trend dimasyarakat/ /PIXABAY/MabelAmber/pikiran rakyat/PIXABAY/MabelAmber

 

BERITA KBB- Bersepeda saat ini telah menjadi tren masyarakat di Indonesia. Baik dari anak-anak, anak muda hingga orang tua beramai-ramai gowes untuk bisa lebih bugar di masa pandemi virus Corona (Covid-19) ini.

Lalu bagaimana mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung. Bolehkah mereka berolahraga? Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Vito A. Damay mengaku tak melarang mereka yang memiliki penyakit jantung bersepeda rutin demi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhnya.

Namun, sebelum melakukannya, periksakan dulu kondisi jantung misalnya melalui tes EKG atau treadmill untuk mengetahui batas kemampuan diri.

"Semangat, ingat tujuannya cari sehat bukan cari penyakit. Cek kondisi jantung dulu mungkin echocardiography atau treadmill excercise test. Orang yang suka berolahraga bisa mempersiapkan jantung mereka, periksa jantungnya," ujar dia seperti yanf dikutip dari ANTARA, Jumat (25/9/2020).

Baca Juga: Kena PHK Massal, Ini Cara dan Syarat Segera Cairkan BPJS Ketenagakerjaan

Baca Juga: Bayern Munich vs Sevilla, Pelatih Bayern Sebut Para Pemainnya Menginspirasi

Kemudian, kata dia, mulailah secara bertahap lalu sesuaikan durasi dan frekuensinya dengan hasil tes dan kondisi tubuh. Selain itu, jika ternyata Anda memerlukan obat, maka minumlah obat atas rekomendasi dokter.

"Seperti kendaraan ada perawatan, jantung kita juga apabila ada perlu obat ya diminum," kata Vito.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X