Mantap, Yuk Kembangkan Bakat Pembuat Konten dengan 'Platform' Video Pendek

- 28 September 2020, 21:17 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /

BERITA KBBKeberadaan media sosial menciptakan istilah baru, yaitu pembuat konten (content creator), orang yang menciptakan konten kreatif dan dipamerkan melalui berbagai platform media sosial. "Content creator" tidak lagi hanya pengertian dari sekumpulan orang tertentu saja, tetapi saat ini menjadi sebuah karir yang menjadi profesi impian banyak anak milenial. Tak sedikit dari mereka menekuni dan menyeriusi cara membuat konten yang menarik untuk memikat perhatian banyak orang, dalam menunjukan bakatnya, ataupun sesederhana mengerjakannya untuk mendapatkan pemasukan.

Hal tersebut sejalan dengan pertumbuhan media sosial dan kecanggihan teknologi digital. Berdasarkan laporan Digital 2020 oleh "We Are Social", pengguna media sosial di Indonesia mencapai kurang lebih 160 juta orang dengan peningkatan penetrasi mencapai 59 persen dari tahun 2019. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya platform yang menyediakan wadah untuk berbagi konten dan berinteraksi secara daring dengan orang lain.

Kita pun mengenal Twitter sebagai platform untuk konten berupa pesan teks singkat, Instagram untuk foto, dan YouTube untuk video. Beberapa tahun terakhir, platform pembuatan video pendek menjadi platform yang terpopuler dan dengan pertumbuhan tercepat di seluruh dunia. Tren menikmati dan membuat konten pada platform pembuatan video pendek kian digandrungi masyarakat dunia. Hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah unduhan terhadap beberapa aplikasi pembuatan video pendek seperti TikTok milik Byte Dance, Likee milik Bigo Technologies, dan Snack Video milik Beijing Kuaishou Technology berdasarkan laporan Sensor Tower pada Juli 2020. Ketiga aplikasi tersebut masuk pada 10 aplikasi bukan gim yang diunduh paling banyak di seluruh dunia.

Baca Juga: Ayo, Ujung Tombak Pencegahan Covid-19 Ada Pada Diri Kita

Perkembangan video pendek mengurangi rintangan dalam menghasilkan konten. Sebelumnya, sebagai content creator video, perlu mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk membeli peralatan profesional. Selain itu juga untuk mendukung aktivitas dan menghabiskan waktu yang banyak untuk mengedit video. Saat ini, dengan semakin populernya video pendek, setiap orang mempunyai kesempatan menjadi content creator, selama mempunyai smartphone dan ide kreatif. Bagi yang sudah memulai menjadi seorang content creator, ini waktunya untuk mempertimbangkan platform pembuatan video pendek dalam menunjukan bakat dan meningkatkan kreativitas.

Mudah Berkarya dan Asah Kreativitas

Salah satu alasan platform pembuatan video pendek harus dipertimbangkan content creator tentunya karena kemudahan yang ditawarkan.Tentunya platform ini bisa digunakan oleh berbagai kalangan usia. Pengguna yang masih belum terbiasa atau profesional dalam membuat video tidak perlu takut karena berbagai fitur yang disediakan dapat membantu mereka menciptakan sebuah karya yang menarik dengan mudah.

Tempat Bebas Mengekspresikan Diri

Di samping menjadi tempat untuk menghibur diri, platform ini dapat menjadi wadah untuk mengekspresikan diri atau menunjukan bakat, kemampuan, dan kepribadian seseorang. Meski dibatasi waktu 15 detik, tetapi kemampuan tidak bisa dibatasi. Apapun bakat yang dimiliki, seperti  menari, menyanyi, bermain game, memasak, menggambar, dan berkreativitas lainnya, pengguna dapat mempunyai panggungnya sendiri.

Baca Juga: Peralihan Musim, Waspada Cuaca Ekstrem

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x