Seberapa Pentingkah Keluarga bagi Masyarakat Moderen

- 16 Oktober 2020, 20:00 WIB
ilustrasi keluarga.
ilustrasi keluarga. /Pikiran-rakyat.com
 
BERITA KBB - Keluarga dalam masyarakat modern mencakup sekelompok orang yang sebagian besar waktu tinggal bersama dan berbagi pengalaman sebagai satu kesatuan. 
 
Anggota keluarga dalam masyarakat modern saling mendukung dalam setiap kapasitas baik fisik, emosional, finansial, dan spiritual. 
 
Terus, seberapa pentingkah keberadaan keluarga dalam masyarakat modern?
 
 
Hidup telah berubah begitu banyak bagi kita di dunia modern.  Dengan kemajuan teknologi, perubahan terjadi mulai dari norma budaya, prioritas baru, hingga bentuk komunikasi baru yang didorong oleh Internet. Wajar untuk bertanya-tanya apa pentingnya keluarga?. 
 
Keluarga tetap relevan seperti sebelumnya.  Tidak peduli seberapa banyak kehidupan berubah di masa depan, keluarga akan terus dibutuhkan dalam satu bentuk atau lainnya.
 
Bingung Tentang Pentingnya Keluarga Dalam Masyarakat Modern? Berikut penjelasannya dikutip dari situs burstshopify
 
 
1. Membantu memenuhi kebutuhan dasar
 
Satuan sosial dasar yang disebut keluarga bertugas untuk memenuhi kebutuhan dasar anggota keluarga yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri.  Ini termasuk anak di bawah umur, orang tua dan penyandang cacat, atau hanya mereka yang tidak mampu untuk hidup sendiri.  
 
2. Memungkinkan Anda Menjadi Milik Sesuatu
 
Keluarga menghabiskan begitu banyak waktu dan energi untuk mendukung satu sama lain melalui masa-masa sulit, karena ikatan yang telah mereka ciptakan dan pelihara sejak mereka masing-masing menjadi bagian dari keluarga.
 
3. Keamanan keuangan
 
Keluarga yang berfungsi dengan baik memberikan keamanan finansial bagi semua orang yang tinggal di rumah.  Pertama, anggota keluarga yang dapat bekerja menyumbangkan setidaknya sebagian dari penghasilan mereka untuk membantu keluarga memenuhi kebutuhan dan keinginan semua orang. 
 
 
Kedua, keluarga menggabungkan sumber daya untuk membayar tagihan dan mengelola uang mereka untuk memastikan bahwa kebutuhan finansial selalu terpenuhi.
 
 4. Sistem Pendukung Bawaan
 
 Keluarga yang sehat saling mendukung.  Ketika anggota keluarga sedang stres, seseorang yang dekat dengan mereka kemungkinan besar akan melihat gejala yang mereka hadapi.  Orang mungkin menyembunyikan masalah mereka dengan orang lain, tetapi keluarga mereka paling sering sudah mengerti.  
 
5Memberikan Dukungan Ketika Salah Satu dari Mereka Sakit
 
Menghadapi masalah medis sendirian bisa menjadi mimpi buruk.  Keluarga akan jadi pendamping paling diharapkan disituasi ini.
 
 
Keluarga di masa modern seperti sekarang, dimana teknologi dan social media sangat berpengaruh dalam keseharian, Mereka yang mau memberi dan menerima serta saling menghormati akan jadi keluarga dalam arti yang sebenarnya. Lalu bagaimana dengan Anda?***
 

Editor: Ade Bayu Indra


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x