Mengangkat Isu Kehamilan Diluar Nikah Hingga Aborsi, Inilah Sinopsis Film Korea Broker

- 16 Juni 2022, 21:06 WIB
Poster film Broker 2022, salah satu seri movie Korea rekomendasi untuk ditonton jelang akhir pekan ini.
Poster film Broker 2022, salah satu seri movie Korea rekomendasi untuk ditonton jelang akhir pekan ini. /CBI Pictures

 

 
BERITA KBB - Film Broker digarap langsung oleh sutradara asal Jepang bernama Hirokazu Koreeda. Sang maestro sudah sejak lama menggarap film box office, khususnya film bertema keluarga.
 
Like Father Like Son (2013) yang membawa pulang Jury Prize Award hingga penghargaan bergensi, seperti Palme d'Or Award berhasil ia raih melalui film Shoplifters (2018). 
 
Kedua film tersebut hanya beberapa di antara film lainnya yang membuat nama Koreeda bersinar di kancah internasional.
 
 
Broker menjadi proyek kedua Bae Doo Na dengan sutradara Hirokazu Koreeda setelah 10 tahun. Saat itu, Bae Doo Na memerankan karakter boneka di film garapannya yang bertajuk Air Doll (2009). 
 
Menyusul kesuksesan film tersebut, sang sutradara rupanya sudah berniat untuk bekerja sama dengan sang aktris di masa yang akan datang.
 
Bak gayung bersambut, Bae Doo Na menerima peran barunya sebagai Soo Jin di film ini. Aktor yang sebelumnya membintangi Parasite, Song Kang Ho berperan sebagai Sang Hyun. Kang Dong Won turut hadir memerankan karakter Dong Soo. 
 
 
Banyak penonton yang menantikan chemistry kedua aktor yang reuni setelah 12 tahun terakhir.
 
Broker juga menjadi proyek kedua IU di film layar lebar selain Dream yang baru merampungkan tahap produksi baru - baru ini. 
 
Bintang Persona ini akan berperan sebagai So Young, perempuan yang menempatkan bayinya di Baby Box, tapi kemudian kembali karena ia ingin hidup bersama sang bayi.
 
 
Film Broker menggambarkan kisah mengharukan yang dramatis dan menggambarkan kondisi di dunia nyata.
 
Film yang menceritakan kehangatan keluarga ini juga menjadi bentuk kritik Hirokazu Kore-eda terhadap sistem adopsi anak di Jepang dan Korea Selatan.
 
Fokus utama film ini memang menceritakan orang-orang yang ada di sekitar Baby Box. Namun, Broker turut menghadirkan potongan kehidupan yang menitikberatkan kisah masing-masing tokoh utama dalam menjaga bayi tersebut.
 
Mereka diceritakan membuat kesepakatan untuk mencari orangtua baru dari bayi yang tinggal bersama mereka.
 
Sang-hyun (Song Kang Ho) menjalankan binatu, tetapi terus-menerus dibebani dengan utang. Dong-soo (Gang Dong Won), yang tumbuh di panti asuhan, bekerja di fasilitas kotak bayi. 
 
Suatu malam di tengah hujan lebat, mereka diam-diam membawa bayi yang tertinggal di kotak bayi. Tetapi pada hari berikutnya, ibu So-young (Lee Ji Eun) tiba-tiba kembali untuk putranya Woo-sung.
 
Menyadari bahwa bayinya telah diambil, dia akan memanggil polisi ketika kedua pria itu menceritakan semuanya padanya. 
 
Alasan mereka mencuri bayi untuk menemukan rumah yang lebih baik tampaknya keterlaluan, namun So-young akhirnya bergabung dengan Sang-hyun dan Dong-soo dalam perjalanan untuk menemukan orang tua baru untuk Woo-sung.
 
Sementara itu, detektif polisi Su-jin (Doona Bae) dan rekannya yang lebih muda Detektif Lee (Lee Joo Young) menyaksikan semua ini saat terungkap. 
 
Mereka diam - diam membuntuti kelompok itu, berharap untuk menangkap mereka dalam tindakan apa pun untuk menyelesaikan penyelidikan setengah tahun mereka.
 
Cerita dalam film ini berfokus pada So-young yang ingin menjual bayinya. Alasan di balik itu, akan terungkap seiring berjalannya alur. 
 
Setiap cerita dibuat sangat rinci dalam plot yang cukup lambat sehingga penonton bisa memahami masalah - masalah yang dihadapi oleh masing-masing karakter.
 
Nilai moral yang disampaikan oleh film ini sangat dalam dan bermakna, tetapi dapat dikemas secara sederhana. 
 
Kore-eda mengangkat isu kehamilan di luar nikah yang dapat berujung pada aborsi atau meninggalkan anak - anak.
 
Namun ternyata, setiap orang selalu memiliki alasan untuk melakukan sesuatu dan mengambil keputusan. Mereka juga harus berani mengambil konsekuensinya. Seperti So-young yang harus berhadapan dengan konsekuensi karena memilih untuk melahirkan anaknya.
 
Betapa banyak konflik dalam kehidupan yang dialami setiap orang, mulai dari Dong-soo yang ditinggal ibunya, So-young yang ingin meninggalkan anaknya, hingga Sang-hyun yang bermasalah dengan keluarganya. Tetapi mereka bersatu dengan perbedaan latar belakang dan bisa menciptakan kebahagiaan mereka sendiri.
 
Untuk para pemain, tidak perlu diragukan lagi. Akting IU di film ini sangat keren dan cocok dengan karakter So-young yang cuek namun sebenarnya penuh kehangatan. 
 
Apalagi Song Kang-ho yang membuat setiap adegan seolah menjadi kegiatan sehari-harinya. 
 
Tidak heran Song Kang-ho berhasil mendapatkan penghargaan Aktor Terbaik di gelaran Cannes baru-baru ini.
 
Film Broker sudah resmi tayang hari ini, 16 Juni 2022 di CGV.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x