Apa Itu Ulkus Dekubitus? Penyakit yang Diderita Almarhum Rima Melati? Berikut Penjelasannya

- 23 Juni 2022, 22:04 WIB
Aktris senior Rima Melati meninggal hari ini Kamis 23 Juni 2022 pada usia 83 tahun. Almarhum diketahui mengidap penyakit ulkus dekubitus.
Aktris senior Rima Melati meninggal hari ini Kamis 23 Juni 2022 pada usia 83 tahun. Almarhum diketahui mengidap penyakit ulkus dekubitus. /


BERITA KBB- Artis legendaris Rima Melati meninggal hari ini, Kamis 23 Juni 2022 pukul 15.14 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Sebelum meninggal, Almarhum Rima Melati diketahui mengidap penyakit ulkus dekubitus. Selain itu, beliau sempat mengidap penyakit kanker dan harus menjalani pengobatan di luar negeri.

Terkait penyakit ulkus dekubitus yang dialaminya, berikut penjelasan mengenai penyakit tersebut dan penyebabnya. Informasi ini telah dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Rima Melati Selama Dirawat Tiap Hari Jalani Cuci Darah, Meninggal dalam Usia 84 Tahun

Penyakit ulkus dekubitus atau disebut juga luka baring adalah kondisi cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya.

Penyebabnya karena adanya tekanan berkepanjangan di kulit.
Tekanan tersebut berlangsung lama sehingga menyebabkan luka terbuka pada kulit.

Orang yang beresiko tinggi terkena penyakit ini jika seseorang mengidap penyakit tertentu yang mengakibatkan gerak tubuhnya terbatas.

Baca Juga: Musim Liburan Tiba, Green Canyon Cijulang, Pangandaran, Tempat Wisata Direkomendasikan untuk Dikunjungi

Keterbatasan gerak inilah yang memicu luka terbuka pada  kulit sehingga timbul nanah, perubahan warna kulit, perubahan tekstur.

Juga pembengkakan, kulit terasa nyeri saat disentuh, dan adanya daerah kulit yang lebih hangat atau lebih dingin daripada bagian kulit lainnya.

Baca Juga: Pengukuhan Atlet Berlangsung Meriah, Kota Bandung Incar Juara di Porprov 2022, Pemkot Anggarkan Rp 40 Miliar

Sedangkan penyakit ulkus dekubitus ini umum terjadi dibeberapa anggota tubuh seperti punggung, panggul, bokong, dan pergelangan kaki.***


 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x