Iqbaal Ramadhan Kemakan Misi dari Film Mencuri Raden Saleh

- 30 Juni 2022, 12:24 WIB
Film Mencuri Raden Saleh.
Film Mencuri Raden Saleh. /Instagram @visinemapictures





BERITA KBB - Aktor Iqbaal Ramadhan termakan  misi dari film Mencuri Raden Saleh. Pasalnya, mantan personel boy band Coboy Junior itu menjadi tertarik terhadap dunia seni rupa yang memang ingin disampaikan sang sutradara Angga Dwimas Sasongko untuk penontonnya.

Hal itu diungkapkan Iqbaal saat pemutaran trailer perdana Mencuri Raden Saleh di Metropole XXI, Jakarta Pusat, Rabu 29 Juni 2022.

Ia mengaku atas perannya di Mencuri Raden Saleh, Iqbal menjadi tertarik dengan dunia seni rupa dan semoga hal itu bisa menular kepada pemuda Indonesia lainnya.

Baca Juga: Gemas dan Pintar! Inilah Makna Nama Arkana, Putra dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Apalagi dengan adanya karya master piece dari Raden Saleh yang menjadikan titik konflik dari film terbarunya.

"Kalau saya saja jadi memiliki ketertarikan terhadap hal tersebut, maka saya juga berharap jika film ini bisa membuka jalan bagi para pemuda untuk menjadi sumber inspirasi," kata Iqbaal.

Dan yang paling terpenting, kata pemeran Dilan itu film Mencuri Raden Saleh bisa menjadi media pembelajaran generasi milenial untuk mengenal sosok Raden Saleh yang merupakan salah satu maestro seni rupa di Indonesia.

Baca Juga: Kamis 30 Juni 2022, Pertandingan Piala AFC Kaya FC Vs Bali United Gelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Giany

"Yang perlu dicatat adalah kita memiliki maestro seni rupa bernama Raden Saleh. Kalian tak kenal beliau sebelumnya, sekarang kalian akan kenal," katanya.

Sementara itu, sang sutradara Angga Dwimas Sasongko yang juga penikmat karya seni rupa mengaku, memang misi dari film Mencuri Raden Saleh adalah mengenalkan karya-karya Raden Saleh kepada generasi muda di Indonesia.

Karena awalnya, Angga ingin membuat film dokumenter yang memperkenalkan karya seni rupa Indonesia. Namun, ia pun pesimis dengan jumlah penonton jika dibalut sebagai film dokumenter.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U19 di Fase Grup Piala AFF U-‪19 2022‬, Jangan Lupa Catat Tanggalnya

Biar menarik maka format film drama-aksi berbalut pencurian yang dipilih. Sebab bakal lebih seru dengan pesan yang pastinya akan tersampaikan lebih mudah ke penonton.

"Akhirnya kami ketemu dengan format ini, yang mungkin adalah cara paling tepat untuk mengenalkan karya seni rupa milik Raden Saleh kepada anak-anak muda yang ada di Indonesia," tambahnya.

Angga sendiri bersama dengan Husein M. Atmodjo menggarap skenario film hiest yang pertama di produksi anak bangsa Indonesia.

Film ini akan  berkisah tentang usaha para pemuda untuk mencuri lukisan bernama Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh pada 1857. Lukisan itu disimpan dengan penjagaan ketat di Istana Presiden.

Keenam pemuda tersebut adalah Piko the Forger (Iqbaal Ramadhan), Ucup the Hacker (Angga Yunanda), Tuktuk the Driver (Ari Irham), Gofar the Handyman (Umay Shahab), Sarah the Brute (Aghniny Haque), serta Fella the Negotiator (Rachel Amanda).

Alasan keenam pemuda itu mencuri artefak penting Indonesia itu karena satu alasan esensial: butuh uang.

Selain para karakter kunci, Mencuri Raden Saleh juga dibintangi oleh Ganindra Bimo, Andrea Dian, Atiqah Hasiholan, Tio Pakusadewo, Dwi Sasono, serta Muhammad Khan.

Mencuri Raden Saleh dijadwalkan tayang serentak pada 25 Agustus 2022 di bioskop Indonesia.***








 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x