Penyanyi Senior Bob Tutupoly Dikabarkan Meninggal Dunia, Berikut Profilnya

- 5 Juli 2022, 16:28 WIB
Penyanyi Legendaris Bob Tutupoly Meninggal Dunia Karena Strook, Berikut Profil Lengkapnya
Penyanyi Legendaris Bob Tutupoly Meninggal Dunia Karena Strook, Berikut Profil Lengkapnya /Tangkapan layar tweeter@RRIprogama3/
 
 
BERITA KBB - Penyanyi lawas Bob Tutupoly dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini beredar di media sosial sejumlah rekan artis pada hari Selasa 5 Juli 2022. Salah satunya Addie MS hingga pengamat musik Adib Hidayat.
 
Sang musisi mengunggah foto Bob Tutupoly ke laman media sosialnya.
 
"Selamat jalan, Om Bob Tutupoli," tulis Addie.
 
 
Sejumlah rekan artis tampak memberikan ucapan duka, salah satunya Hedi Yunus.
 
"RIP Om Bob Tutupoli," ujarnya.
 
Bob Tutupoly merupakan penyanyi kelahiran Surabaya, 13 November 1939. Ia meninggal dunia di usia 82 tahun.
 
Sebagai seorang penyanyi, Bob Tutupoly melahirkan banyak tembang kenangan legendaris. 
 
 
Beberapa lagu lawas hits sang legenda adalah "Widuri," "Kerinduan," "Mengapa Tiada Maaf," dan lain sebagainya.
 
Kondisi Bob Tutupoly dibeberkan sahabat, Stanley Tuling
 
"(Sebelum meninggal) sempat mau di transfusi darah karena HB turun tapi sekitar jam 23.00 sudah tidak respons dan dinyatakan meninggal jam 00.03 itu," ungkap sahabat sekaligus pengamat musik, Stanley Tulung.
 
 
Meski begitu, Stanley tak bisa memastikan penyebab meninggalnya om Bob, sapaan akrab Bob Tutupoly. Ia belum mendapat kabar pasti dari keluarga.
 
"Penyebab meninggal belum dijawab sama anaknya," ujarnya.
 
Stanley juga membenarkan Bob Tutupoly sudah dirawat di rumah sakit sejak beberapa waktu terakhir. Namun, kondisinya sempat membaik sebelum akhirnya meninggal dunia.
 
"Lupa sejak kapan (dirawat di rumah sakit) ini tapi kondisinya membaik, terus drop, on-off (drop-membaik) gitu," terangnya.
 
 
Hingga saat ini, pihak keluarga Bob Tutupoly belum bisa dimintai keterangan terkait detail meninggalnya Bob Tutupoly. 
 
Hanya saja, beberapa bulan terakhir, kondisi kesehatan Bob Tutupoly memang menurun.
 
Bob Tutupoly sempat dirawat intensif di salah satu rumah sakit. Pada Mei lalu, ia bahkan pernah kena hoaks meninggal.
 
Bob Tutupoly merupakan putra dari pasangan Adolf Laurens Tutupoly dan Elisabeth Wilhemmina Henket-Sahusilawane. Ia anak kedua dari lima bersaudara.
 
Bob bersama saudaranya yang lain dididik dengan disiplin militer oleh sang ayah, yang pernah berdinas di Angkatan Laut pada era penjajahan Belanda.
 
Bob sempat kuliah di Perguruan Tinggi Ekonomi Surabaya (kini Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga) dan Universitas Padjajaran, Bandung, tapi tidak selesai. Bakat seni Bob mengalir dari sang ayah yang pemain suling dan ibunya penyanyi gereja.
 
Bob memulai karier di dunia musik sejak usia remaja. Ketika SMA, ia bergabung dengan Kwartet Jazz RRI Surabaya dengan Didi Pattirane.
 
Bob pernah juga diajak bergabung dengan Chen Brothers (Bubi Chen, Niko, Jopie Chen dan Frans) untuk mengisi acara dansa kalangan atas.
 
Pada 1963, ia diminta menggantikan Bill Saragih sebagai vokalis band The Riders, yang tampil dalam Nirwana Super Club, Hotel Indonesia, salah satu tempat prestisius masa itu.
 
Bob sempat meraih predikat penyanyi kesayangan ABRI pada ‪1966-1969‬.
 
Kemudian, pada 1969 ia pindah ke Amerika Serikat. Impian rekaman di Amerika tak terwujud. Namun, Bob bergabung dengan The Midnighters untuk manggung di San Fransisco dan Los Angeles.
 
Ia juga pernah bernyanyi di klub kota Las Vegas. Pada tahun 1976, Bob pulang ke Indonesia dan merekam "Widuri." Lagu itu hit pada masanya dan masih dikenal hingga era sekarang.
 
Bob Tutupoly diketahui pernah bermain beberapa film. Di antaranya, Gli Innamorati Della Becak (Kisah Cinta si Tukang Becak) (1958), Penasaran (1977), dan Sebelah Mata (2008).
 
Pada era 1980-an, ia menjadi pembawa acara di TVRI seperti Kuis Pesona 13. Ketika usianya tak muda lagi, Bob jadi host program lagu nostalgia Tembang Kenangan di Indosiar yang populer pada akhir era 1990-an hingga pertengahan 2000-an.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x