Siaran TV Analog Bandung Resmi Dihentikan Hari Ini, Simak Cara Dapat STB GRATIS di Jateng, Batam dan Yogya

- 3 Desember 2022, 16:08 WIB
Siaran TV Analog Bandung Resmi Dihentikan Hari Ini, Simak Cara Dapat STB GRATIS di Jateng, Batam dan Yogya
Siaran TV Analog Bandung Resmi Dihentikan Hari Ini, Simak Cara Dapat STB GRATIS di Jateng, Batam dan Yogya /kominfo.go.id/


BERITA KBB - Berikut informasi mengenai Analog switch off yang telah diberlakukan untuk daerah Bandung oleh pemerintah sejak Jumat 2 Desember 2022 pukul 24.00 WIB.

Semenjak dimatikannya siaran TV analog, tidak sedikit warga yang mencari informasi mengenai harga Set Top Box (STB) di Bandung saat ini.

Selain itu, banyak juga warga Bandung mencari informasi mengenai Set Top Box (STB) yang Gratis dan dengan cara apa untuk mendapatkan STB gratis tersebut.

Baca Juga: Siaran TV Analog di Bandung Telah Dimatikan, Hanya dengan Cara Ini STB Bisa Gratis, Cek di Sini

Bantuan Set Top Box di Bandung kabarnya memang dijanjikan gratis oleh pemerintah, namun tidak hanya untuk di Bandung, melainkan untuk wilayah lain juga.

Artinya ada wilayah lain yang TV analog nya telah dimatikan bersamaan dengan kota Bandung yaitu Yogyakarta, Solo dan Batam juga Semarang.

Sehingga pada hari ini Sabtu 3 Desember 2022 siaran TV analognya tidak bisa lagi diakses.

Maka dari itu warga yang kini ditempatnya mengalami Analog switch of dapat menonton TV kembali seperti biasanya dengan migrasi ke TV Digital menggunakan STB.

Baca Juga: Hadirkan Paket Gratis Roaming di Negeri Jiran, XL Axiata Tingkatkan Pelayanan pada Pelanggan di Kalimantan

Kementerian Kominfo telah memberikan informasi mengenai situs untuk mengecek siapa saja penerima STB gratis di Bandung atau daerah lain dari pemerintah.

Adapun laman yang dapat diakses untuk memastikan mendapat STB gratis atau tidak dengan cek langsung di situs cekbantuanstb.kominfo.go.id.

Dilansir dari berbagai sumber, Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia menyebutkan untuk sementara yang diaktifkan data rumah tangga miskin di wilayah analog switch off (ASO) dan sudah disepakati pelaksanaannya oleh stasiun TV yakni pada tanggal 2 Desember pukul 24.00 WIB.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mendapat STB gratis

Baca Juga: Sinopsis Bintang Samudera Sabtu 3 Desember 2022: Saksi Kunci Pembunuh Tari Dibunuh Brama, Bintang Makin Curiga

1. calon penerima STB gratis di Bandung yakni dengan mencari nama dengan memasukan nomor induk kependudukan (NIK) di kolom pencarian situs yang telah disebutkan tadi.

2. Jika sudah terdaftar penerima STB gratis lalu hubungan call center 159 guna mendapatkan prosedur penerimaannya

3. Bantuan subsidi STB gratis khusus untuk rumah tangga miskin yang memenuhi ketentuan.

4. Subsidi berasal dari pemerintah dan lembaga penyiaran sebanyak 5,6 juta STB.

Sementara itu Kemenkominfo mencatat distribusi STB menurutnya untuk TV analognya yang dimatikan 2 Desember sudah hampir rampung.

Jawa Barat sudah mencapai 99,42 persen baik dari pemerintah maupun penyelenggara multipleksing.

Lalu di Yogyakarta, Batam dan Jawa Tengah 100 persen.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x