Komet C/2022 E3 (ZTF) Memancarkan Warna Hijau Yang Indah, Simak Penjelasannya!

- 2 Februari 2023, 16:02 WIB
Komet C/2022 E3 (ZTF) Memancarkan Warna Hijau Yang Indah, Simak Penjelasannya!
Komet C/2022 E3 (ZTF) Memancarkan Warna Hijau Yang Indah, Simak Penjelasannya! /Pexels.com/@Richard Bartz

 

BERITA KBB - Sejak awal bulan Januari 2023 para pengamat bintang (astronom) mulai sering membahas tentang Komet langka yang hanya melintas sekali seumur hidup. Komet ini diperkirakan akan berada di posisi terdekatnya dari Bumi sekitar awal Februari 2023.

Komet, atau yang lebih sering kita dengar dengan sebutan bintang berekor, merupakan salah satu fenomena astronomi yang membentuk batuan di luar angkasa. Batuan luar angkasa ini terbentuk dari partikel-partikel luar angkasa seperti batu, es, debu yang kemudian memiliki orbitnya sendiri.

Komet C/2022 E3 (ZTF) untuk pertama kali mendekati matahari pada tanggal 12 Januari 2023, jadi sebelum semakin mendekati bumi pada tanggal 1 Februari 2023 kemarin, Komet ini sudah pernah menunjukan keindahannya.

Baca Juga: Keluarga Korban Kecelakaan Mahasiswa UI Minta Tidak Banyak Diekspos, Taufik Basari: Mereka Sedang Berduka

Komet C/2022 E3 (ZTF) atau Komet Hijau merupakan Komet berekor pendek dengan warna hijau, yang dihasilkan dari molekul C2.

Seorang Profesor Kimia sekaligus Direktur Penelitian di School of Chemistry, University of New South Wales (UNSW), Prof. Timothy Schmidt, pada Minggu, 30 Januari 2023, dalam akun twitternya @schmidtim menuliskan bahwa, warna hijau yang dimiliki Komet C/2022 E3 adalah hasil dari penyerapan C2 yang kemudian memancarkan cahaya dalam proses fluorescence.

"To be clear @abcnews, the green colour comes from C2, which is a breakdown product of larger molecules in the snowball. The C2 breaks down into C atoms in a few days. The green is due to C2 absorbing and emitting light in a process know as fluorescence," tulis Prof. Timothy Schmidt.

Baca Juga: Pembuat Aplikasi Penipuan Berkedok Undangan Pernikahan Berhasil Ditangkap di Sulsel

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x