Mengulas Film M3GAN: Bagaimana Teknologi Merenggut Masa Kecil Anak

- 5 Februari 2023, 13:31 WIB
M3GAN robot pendamping manusia yang mulanya manis tetiba jadi  brutal dan sadis.
M3GAN robot pendamping manusia yang mulanya manis tetiba jadi brutal dan sadis. /IMDb/

 

Berita KBB – Film M3GAN cocok dijadikan tontonan untuk para orang tua di akhir pekan. Film itu telak menyentil pola asuh anak di abad 21, ini berfokus pada “hubungan orang tua dengan anak”, dan premis menjadi orang tua yang bijak.

Di scene awal, M3GAN sudah memperlihatkan konflik ceritanya, diwakili oleh Cady—Violet McGraw, pemeran gadis kecil di film M3GAN—tengah asyik menggunakan iPad, terpaku habis pada tablet yang terhubung dengan boneka mainan AI, ketika sedang di perjalanan.

Ibu Cady khawatir sebab selama anaknya fokus pada gawai itu, ia tidak menghiraukan pemandangan alam sekitar. Dan naas bahkan ketika keduanya mendadak tiada—terlibat kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh badai salju—ikatan emosional Cady dengan AI justru semakin menjadi.

Baca Juga: Jadwal Tayangan Indosiar Selasa, 7 Februari 2023. Ada BRI Liga 1 Persija Jakarta vs Persita Tangerang

Hadir Gemma, bibi sekaligus perancang mainan canggih milik Cady yang ditunjuk sebagai wali asuhnya, Gemma-lah entitas yang mempererat ikatan Cady kepada AI.

Gemma menilai bahwa teknologi yang terlibat pada proses pertumbuhan anak bukanlah suatu isu, melainkan sebuah inovasi yang pantas diberikan.

Saya sendiri merasa ada motif khusus mengapa ia berprofesi sebagai pencipta mainan cerdas anak-anak.

Alasan yang paling logis, lahir dari ketidakhadiran peran orang tua di masa kanak-kanaknya.

Ini tampak dari sifat Gemma yang kaku dan perfeksionis, juga percakapannya bersama polisi yang menyiratkan hubungan tidak harmonis antara Gemma dengan kakek-nenek Cady, acap kali juga terlihat melalui dialog Gemma dan Cady yang canggung.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x