Mengenal Ekstrovert Jenis Kepribadian Lain Selain Introvert

- 6 Februari 2023, 22:38 WIB
Mengenal Ekstrovert Jenis Kepribadian Lain Selain Introvert
Mengenal Ekstrovert Jenis Kepribadian Lain Selain Introvert /Pexels / Ida Rizkha.

 

Berita KBB –  Ekstrovert dan Introvert merupakan salah satu tipe kepribadian yang ada di manusia. Pengelompokan tipe kepribadian ini pertami kali dicetuskon oleh Carl Gustav Jung di salah satu bukunya yang bejudul Psychologische Typen.

Untuk masyarakat luas mungkin memiliki pandangan orang dengan sifat Ekstrovert adalah sifat orang yang selalu aktif dalam bersosialisasi dengan banyak orang, dan sifat Introvert merupakan sifat orang yang pendiam. Tapi emang itu artinya, ini penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian Introvert

Introvert adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sifat kepribadian seseorang yang lebih suka mengarahkan energi dan perhatian mereka ke dalam diri sendiri. Orang yang introvert cenderung memiliki kecenderungan untuk menghindari interaksi sosial yang berlebihan dan lebih menyukai kegiatan yang membutuhkan konsentrasi dan pikiran.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Genre Musik Selain Bocchi The Rock!

Menurut teori kepribadian Carl Jung, introvert didefinisikan sebagai seseorang yang memfokuskan energi dan perhatian mereka pada dunia internal, seperti perasaan, emosi, dan pemikiran. Orang yang introvert mungkin mengalami kelelahan setelah banyak berinteraksi dengan orang lain dan membutuhkan waktu untuk sendiri untuk merecharge.

Beberapa karakteristik yang sering terlihat pada orang yang introvert antara lain:

-        Pengamatan

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x