Update Gempa Turki dan Suriah: Korban Tewas Lampaui 25.000 Orang, Polisi Ciduk Pekerja Konstruksi Bangunan

- 11 Februari 2023, 23:47 WIB
Foto udara yang memperlihatkan tingkat kerusakan akibat gempa Bumi Turki-Suriah dan proses pencarian korban di Kahramanmaras, Turki, 10 Februari 2023./antaranews.com
Foto udara yang memperlihatkan tingkat kerusakan akibat gempa Bumi Turki-Suriah dan proses pencarian korban di Kahramanmaras, Turki, 10 Februari 2023./antaranews.com /

 

Berita KBB - Jumlah korban tewas akibat gempa bumi Turki dan Suriah Senin 6 Februari 2023 lalu telah mencapai 25,401 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 21.848 korban di Turki dan 3.553 korban di Suriah.

Menurut koordinator bantuan darurat PBB Martin Griffiths, jumlah korban tewas akibat gempa bumi Turki dan Suriah kemungkinan besar akan melebihi 2 kali lipatnya. Mengutip Sky News, Griffiths memperkirakan akan masih ada puluhan ribu korban tewas lagi.

“Saya kira sangat sulit untuk memperkirakan dengan pasti karena kami harus masuk ke bawah reruntuhan. Tapi saya yakin 2 kali lipat atau lebih, (jumlah korban tewas, red),” ujarnya, Sabtu 11 Februari 2023.

Baca Juga: Sulit Konsisten Olahraga? Berikut Jadwal dan Menu Lengkap Olahraga Gym Pria Untuk Pemula

Ia menambahkan, prakiraan bertambahnya korban jiwa itu mengerikan baginya. Griffiths juga menyebutkan, gempa bumi Turki dan Suriah ini bentuk alam menyerang balik dengan cara yang sangat kasar.

“Sangat mengejutkan, gunung puing-puing ini masih menimbun orang-orang, beberapa di antaranya masih hidup. Kami belum benar-benar mulai menghitung jumlah mereka yang tewas,” ujarnya.

Ia mengatakan, periode waktu 72 jam setelah bencana biasanya menjadi “periode emas” untuk penyelamatan. Periode tersebut telah habis, tapi para penyintas masih ditarik keluar dari puing-puing.

“Sangat sulit untuk menentukan kapan harus menghentikan pencarian,” pungkasnya.

Baca Juga: AS Tembak Jatuh Objek Tidak Dikenal di Alaska, Pihak Berwenang Sebut Bukan Balon Pengintai Cina

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x