Profil Michelle Yeoh Pemenang Oscar 2023: Dari Balet Hijrah Ke Film Bela Diri, Pernah Main di Film James Bond

- 13 Maret 2023, 15:45 WIB
Michelle Yeoh saat menerima penghargaan Academy Awards ke-95 sebagai Aktris UTama Terbaik Oscar 2023
Michelle Yeoh saat menerima penghargaan Academy Awards ke-95 sebagai Aktris UTama Terbaik Oscar 2023 /Oscar/

Berita KBB - Aktris Michelle Yeoh menjadi salah satu pemenang Oscar 2023 yang dihelat Senin 13 Maret 2023 ini. Yeoh menyabet penghargaan sebagai aktris utama terbaik berkat aktingnya dalam film Everything Everywhere All At Once yang rilis 2022 lalu.

Dilansir The Guardian, dalam pidato singkatnya saat penghargaan Oscar 2023, Yeoh menyebut bahwa prestasinya kali ini menjadi cahaya harapan dan kemungkinan.

“Untuk semua anak-anak yang sepertiku malam ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan. Wanita tidak pernah memberitahu siapapun kalau kau sudah lewat dari masa prima,” ujarnya, seperti dikutip The Guardian.

Baca Juga: Ada Brendan Fraser dan Everything Everywhere All At Once, Berikut Daftar Pemenang Oscar 2023 Semua Kategori

Siapa sosok Michelle Yeoh yang berhasil mendapat penghargaan Oscar 2023 ini? Mari kita kenali lebih jauh pribadinya.

Michelle Yeoh lahir pada 6 Agustus 1962 di Perak, Malaysia dari orang tua seorang politisi Asosiasi Tionghoa Malaysia dan pengacara setempat. Sebagai keturunan Hokkian dan Kanton, Yeoh juga mampu berbahasa Melayu dan Inggris sejak kecil.

Ia diketahui memiliki bakat sebagai penari balet sejak umur 4 tahun. Ketika lulus sekolah, ia kuliah di Royal Academy of Dance di London, Inggris jurusan Balet. Sayangnya, akibat mengalami cedera tulang punggung, Yeoh harus mengubur impiannya jadi penari balet.

Baca Juga: Profil dan Biodata Sinta Bachir, Artis yang Baru Saja Dinikahi Pengusaha Indra Kristianto

Yeoh kemudian mulai meniti karir di dunia adu akting dengan bergulat di film bela diri. Salah satu film pertamanya adalah Yes, Madam (1985) di mana ia menjadi tokoh utama. Ia bahkan pernah bermain di film James Bond era Pierce Brosnan di Tomorrow Never Dies (1997).

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x