5 Filosofi Stoic yang Bisa Diterapkan agar Bisa Meraih Lebih Banyak Kebahagiaan

- 15 Maret 2023, 16:26 WIB
Prinsip hidup Stoic, untuk hidup yang lebih baik
Prinsip hidup Stoic, untuk hidup yang lebih baik /Gambar oleh Denise Husted dari Pixabay

BERITA KBB – Stoicisme merupakan salah satu aliran filsafat Yunani Kuno yang sangat sederhana. Filosofi Stoic sangatlah simple dan praktikal serta masih relevan dengan zaman sekarang.

Para filsuf Stoic memandang kebahagiaan itu bukan untuk dikejar. Mereka lebih berfokus bagaimana kita bisa mengurangi emosi-emosi 'negatif' seperti marah, stres, sedih dan galau.

Berikut ini adalah lima filosofi Stoic yang bisa kamu terapkan dalam hidup ini agar bisa meraih lebih banyak kebahagiaan.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Wali Kota Bandung Pastikan Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

1. Bahagia itu tentang berfokus pada hal-hal yang berada di bawah kendali kita sendiri.

Menurut filsafat Stoicisme, segala perasaan negatif kita seperti marah, bete, galau dan emosi negatif lainnya itu karena kita menggantungkan kebahagiaan dengan hal- hal di luar kendali kita. Sebaliknya, bahagia itu seharusnya disandarkan dengan sesuatu yang di bawah kendali kita. Artinya, kita itu sebenarnya merasa kecewa dan sedih bukan karena peristiwa yang menimpa, tetapi karena opini dan pikiran kita tentang peristiwa tersebut.

2. Kita adalah bagian dari semesta, hiduplah harmonis dengan alam.

Manusia merupakan bagian dari semesta yang luas ini, namun kita memiliki keunggulan dengan akal dan budi yang dimiliki. Tetapi untuk meraih kebahagiaan, kita juga harus hidup selaras dengan alam dengan memperlakukannya dengan baik. Jika tidak, alam akan marah dengan lahirnya bencana yang akan sangat merugikan dan menghancurkan kehidupan manusia. Oleh karena itu, tindakan-tindakan sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak alam adalah hal yang sangat penting dalam hidup ini.

Baca Juga: Mau Prima Saat Puasa? Konsumsi Madu Herbal Ini

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x