Jualannya Bercanda, Duitnya Serius? Trik Psikologis Jualan Biar Naikin Pendapatanmu

- 19 Maret 2023, 21:54 WIB
Jualannya Bercanda, Duitnya Serius? Trik Psikologis Jualan Biar Naikin Pendapatanmu
Jualannya Bercanda, Duitnya Serius? Trik Psikologis Jualan Biar Naikin Pendapatanmu /Pixabay/ParentRap

BERITA KBB – Mulai dari founder, digital marketer, agency, ataupun anak magang di bagian penjualan udah mulai ada pertanyaan, "pake humor marketing buat sales worth it ga ya?".

Orang buka medsos buat fun, bukan hal yang terlalu serius. Ada 3 milyar pemakai media sosial di dunia ini, 60% dari mereka pake media sosial adalah buat fun. Apalagi di era trend overpressure, overwork, & over jaksel lainnya, banyak manusia yang butuh humor.

"Marketing yang bisa viral itu salah satunya mengandung unsur jokes (humor) ujar Bahari VP & Creative Director Go-Jek". Iklan Gojek yang viral-viral sering menggunakan unsur humor, walaupun kadang garing (tak lucu). Namun orang-orang tetap suka sama iklan Go-jek.

Baca Juga: Jelang Ramadan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ajak Masyarkat Jaga Kesucian Ramadan

Data dari Forbes bilang, meme jadi kata yang paling banyak dicari di Google pada tahun 2018. Meme jadi spesial karena bisa jadi tools buat mengekspresikan sikap. perasaan, & situasi. Misalnya kalo orang lagi seneng sama Menteri PUPR Basuki, bakal banyak muncul meme tentang dia di media sosial.

Bikin orang-orang makin mau ngeluarin duit buat belanja. Sebuah riset dari Harvard Business Review mengatakan, unsur humor dalam marketing bisa naikin willingness to pay sampai 18%.

Ini mirip kayak kita lagi ditawarin sama sales, kita akan berpeluang lebih besar buat belanja sama sales yang ramah & humoris dibandingkan penjualan datar.

Baca Juga: Selesai Desember 2023, RS Pendidikan Unpad Akan Layani Masyarakat Umum

Kemudian juga bikin audience ngerasa lebih relate sama brand kita. Faktanya 47% orang di dunia berpendapat mereka lebih ngerasa relate sama iklan yang humoris. Dari sumber yang sama, data kalo video ads yang mengandung humor berpeluang besar lebih stand out di mata audience.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x