Gordon Moore Tutup Usia, Pendiri Intel dan Pionir Semikonduktor yang Ramalkan Perkembangan Teknologi Komputer

- 25 Maret 2023, 20:05 WIB
Gordon Moore, pionir semikonduktor Intel yang ramalkan perkembangan teknologi komputer pada era 60-an, tutup usia Jumat 24 Maret 2023.
Gordon Moore, pionir semikonduktor Intel yang ramalkan perkembangan teknologi komputer pada era 60-an, tutup usia Jumat 24 Maret 2023. /Apple/

 

Berita KBB - Kabar duka datang dari raksasa teknologi semikonduktor Intel. Pendiri Intel dan pionir industri semikonduktor Gordon Moore, meninggal dunia dalam usia 94 tahun. Kabar duka ini diumumkan secara langsung oleh pihak Intel.

Dilansir The Guardian pada Sabtu 25 Maret 2023, menurut Intel dan yayasan filantropi keluarga mendiang, Gordon Moore tutup usia pada Jumat 24 Maret 2023 di rumahnya di Hawaii, Amerika Serikat.

Semasa hidupnya, Moore dikenal dengan prediksinya yang mengatakan bahwa teknologi komputer akan mengalami perkembangan pesat dalam beberapa dekade. Prediksi itu tertuang dalam teorinya yang dinamakan “Hukum Moore” yang digagas pada 1965 silam.

Baca Juga: Petenis Marta Kostyuk Ogah Jabat Tangan Dengan Anastasia Potapova Usai Dikalahkan di Miami Open, Kenapa?

Seperti apakah Hukum Moore yang memprediksi perkembangan pesat teknologi komputer itu? Mari kita bahas bersama-sama dengan turut mengenal lebih dekat sosok Gordon Moore yang satu ini.

Gordon Earle Moore lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat pada 3 Januari 1929. Ia meraih gelar PhD jurusan kimia dan fisika pada 1954 di California Institute of Technology.

Setelah lulus, Moore bekerja di laboratorium semikonduktor Shockley, di mana ia bertemu dengan Robert Noyce. Noyce nantinya akan menjadi salah satu pendiri Intel bersama-sama dirinya.

Baca Juga: Serangan Udara AS Terhadap Pasukan Bekingan Iran, Pangkalan Militer AS di Suriah Diserang 78 Kali Sejak 2021

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x