Khawatir Kejahatan Siber, PNS Prancis Dilarang Nonton Netflix Hingga TikTok di Ponsel Kantornya!

- 26 Maret 2023, 21:41 WIB
Film Netflix yang cocok untuk weekend. Khawatir Kejahatan Siber, PNS Prancis Dilarang Nonton Netflix Hingga TikTok di Ponsel Kantornya!
Film Netflix yang cocok untuk weekend. Khawatir Kejahatan Siber, PNS Prancis Dilarang Nonton Netflix Hingga TikTok di Ponsel Kantornya! /
 
BERITA KBB - Prancis punya larangan unik buat pegawai negeri sipilnya (PNS). Mereka tidak diperbolehkan untuk mengakses aplikasi media sosial hingga hiburan seperti TikTok hingga Netflix di ponsel kantornya.
 
Kebijakan ini dilakukan Prancis karena sebuah alasan. Itu karena pemerintah Prancis menghindari data pribadi pengguna dan informasi lainnya bisa diakses China.
 
"Pemerintah telah memutuskan mulai sekarang untuk melarang pengunduhan dan pemasangan aplikasi rekreasi pada ponsel atau gadget kantor yang diberikan kepada pegawai negeri," begitu pernyataan Kementerian Layanan Publik Prancis dikutip Daily Mail, Jumat 24 Maret 2023.
 
 
Pemerintah Prancis mengkhawatirkan adanya kejahatan siber, lewat aplikasi yang terunggah di ponsel kantor PNS. Sebab, tingkat keamanan siber di sebuah aplikasi dinilai minim.
 
"Aplikasi rekreasional tidak menghadirkan tingkat keamanan siber dan perlindungan data yang memadai untuk diterapkan pada peralatan administratif," lanjut pernyataan tersebut.
 
Kebijakan ini sebenarnya tak hanya diberlakukan di Prancis. Dengan alasan serupa, sejumlah negara, seperti Inggris dan Selandia Baru, juga menerapkannya.
 
 
Sebenarnya, tak cuma Netflix dan TikTok, pemerintah mereka juga melarang sejumlah aplikasi game diunggah di ponsel kantor, misalnya Candy Crush.
 
CEO TikTok, Shou Zi Chew, pun membantah pihaknya merupakan alat pemerintah China. TikTok mengklaim 60 persen saham ByteDance dimiliki oleh investor global.
 
Hingga kini, tak ada bukti TikTok telah membocorkan data penggunanya. Tetapi, ada banyak kekhawatiran yang berkembang karena TikTok telah banyak menghimpun data.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x