10 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Berani-Berani Kunjungi Nomor 1 dalam Waku Dekat!

- 20 Oktober 2021, 19:06 WIB
Ilustrasi - 10 negara ini disebut sebagai negara paling berbahaya di dunia.
Ilustrasi - 10 negara ini disebut sebagai negara paling berbahaya di dunia. /Pexels/Alois Moubax/

BERITA KBB - Bahkan sebelum Taliban menguasai Afghanistan Agustus lalu, negara itu telah menduduki peringkat pertama di antara negara-negara paling berbahaya di dunia selama dekade terakhir.

Tahun ini Afghanistan duduk di bagian paling bawah Indeks Perdamaian Global, yang dibuat oleh Institute for Economics and Peace (IEP), sebuah ukuran komprehensif yang memperhitungkan faktor-faktor seperti militerisasi, kebebasan berbicara, tingkat kejahatan kekerasan dan seksual dan bencana alam yang bertujuan untuk menentukan peringkat negara menurut keamanannya.

“Tidak ada perkembangan Afghanistan di bawah pendudukan asing,” tulis Ben Doherty di The Guardian.

Ketika tentara Amerika Serikat meninggalkan Afghanistan, Taliban langsung menguasai hampir di seluruh negeri, sementara korban tewas berjatuhan.

Baca Juga: 10 Negara Paling Luas di Dunia, Indonesia Ternyata Urutan Segini

Dalam laporan The Week, lebih dari 47.000 warga sipil Afghanistan tewas dalam konflik; jutaan telah melarikan diri sebagai pengungsi ke negara lain. Afghanistan tetap menjadi pemasok heroin terbesar di dunia; negara ini secara konsisten menduduki peringkat di antara yang paling tidak damai dan paling korup di dunia.

Indeks, yang diterbitkan pada bulan Juni, mencatat peningkatan perdamaian selama setahun terakhir di Afghanistan, dengan jumlah total kematian akibat konflik internal dan terorisme turun, tetapi masih memiliki dampak terorisme yang lebih tinggi daripada negara lain mana pun di dunia.

Skornya di bidang-bidang ini mungkin berubah pada saat indeks tahun depan dirilis: laporan itu mengakui bahwa rencana AS untuk menghentikan semua operasi dan menarik pasukan militer dari negara itu membuat masa depan negara itu “tidak pasti”.

Baca Juga: Tersebar Foto Ria Ricis dan Teuku Ryan dengan Background Warna Biru, Warganet: Katanya 13 November

Secara keseluruhan, "kedamaian" di seluruh dunia telah memburuk sebesar 0,07%, meskipun perubahan skor adalah yang terkecil kedua dalam sejarah indeks.

Halaman:

Editor: Syamsul Maarif


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x