Ritel Fashion H&M Memutuskan Meninggalkan Pasar Rusia Akibat Tidak Menurunnya Eskalasi Perang Rusia - Ukraina

- 20 Juli 2022, 00:03 WIB
Ilustrasi Fashion. Ritel Fashion H&M Memutuskan Meninggalkan Pasar Rusia Akibat Tidak Menurunnya Eskalasi Perang Antara Rusia dan Ukraina
Ilustrasi Fashion. Ritel Fashion H&M Memutuskan Meninggalkan Pasar Rusia Akibat Tidak Menurunnya Eskalasi Perang Antara Rusia dan Ukraina /Pexels/ Freestocks.org

 

 
BERITA KBB - Ritel fashion H&M memutuskan untuk meninggalkan pasar Rusia seiring dengan tidak menurunnya eskalasi perang antara negara beruang merah dan Ukraina. 
 
Sebelum benar - benar meningggalkan Rusia, H&M memutuskan untuk menjual sisa stok yang dimilikinya secara besar - besaran.
 
Keputusan H&M untuk angkat kaki dari Rusia muncul setelah perusahaan asal Swedia ini menangguhkan semua penjualannya di Rusia pada Maret lalu, tidak lama setelah pasukan Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari.
 
 
H&M diketahui memiliki lebih dari 150 toko dan sekitar 6.000 staf di Rusia. Perusahaan belum memberikan tanggal pasti kapan atau tenggat waktu mengenai kepergiannya dari Rusia.
 
"Setelah mempertimbangkan dengan cermat, kami melihat operasional bisnis sebagai hal yang mustahil untuk dijalankan di Rusia," ujar kepala eksekutif Helena Helmersson.
 
H&M merupakan salah satu perusahaan dari sekian banyak yang sudah menarik diri dari pasar Rusia dalam beberapa bulan terakhir. 
 
 
Sejumlah perusahaan menyatakan sanksi yang dijatuhkan setelah upaya invasi oleh sekutu Barat kepada Rusia berdampak kepada industri, khususnya retail secara signifikan.
 
"Kami sangat sedih tentang dampak ini pada rekan-rekan (karyawan) kami dan sangat berterima kasih atas semua kerja keras dan dedikasi mereka. Selanjutnya, kami ingin berterima kasih kepada pelanggan kami atas dukungan mereka selama ini," ujar Helmersson.
 
Sebelum menangguhkan penjualannya sebagai respons atas upaya invasi Rusia ke Ukraina, negara di bawah kepemimpinan Vladimir Putin ini adalah pasar terbesar keenam H&M. 
 
 
Bahkan, menyumbang sekitar 4 persen dari penjualan perusahaan pada kuartal keempat 2021.
 
Kepergian H&M dari Rusia dipekirakan tidak akan berjalan mulus. Perusahaan harus merogoh kocek senilai 2 miliar Krona Swedia atau setara dengan 160 juta pound sterling.
 
"Toko - toko H&M di Ukraina juga telah ditutup untuk sementara waktu karena kekhawatiran atas keselamatan pelanggan dan staf," ujar Helmersson.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x