Besok Gerhana Bulan Total ! Catat Waktu dan Ikuti Tata Cara Salatnya

- 7 November 2022, 23:22 WIB
Jadwal lengkap dimulainya Gerhana Bulan Total di wilayah di Indonesia yang akan terjadi hari ini, 8 November 2022.
Jadwal lengkap dimulainya Gerhana Bulan Total di wilayah di Indonesia yang akan terjadi hari ini, 8 November 2022. /Pixabay/Buddy_Nuth/

BERITA KBB - Melalui surat edaran, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk melakukan beberapa amalan saat gerhana bulan total terjadi pada Selasa 8 November 2022.

Gerhana bulan awal akan berlangsung dari pukul 16.09 WIB. Lalu awal total di pukul 17.16 WIB. Pertengahan gerhana 17.59 WIB. Akhir total 18.41 WIB. Dan akhir gerhana 19.49 WIB

Dengan terjadinya gerhana tersebut, MUI Kota Bandung menyampaikan untuk umat muslim meningkatkan keimanan dan menjauhi kebiasaan-kebiasaan takhayul yang mengarah ke syirik.

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil Bangga Ahmad Sanusi Jadi Pahlawan Nasional

Salah satu caranya dengan menjalankan salat gerhana bulan secara berjamaah. Bagi warga Kota Bandung yang akan menjalankan salat gerhana sebanyak 2 rakaat, berikut tata cara yang bisa diikuti:

1. Berwudu dan niat di dalam hati untuk salat gerhana bulan.

2. Pada rakaat pertama, takbiratul ihram sebagaimana salat biasa.

Baca Juga: Ridwan Kamil Prihatin Kebakaran Balai Kota Bandung

3. Membaca doa iftitah dan bertaawuz, kemudian membaca surat Al Fatihah.

4. Lalu, dilanjutkan membaca surat yang panjang, misalnya surat Al Baqarah sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih) sebagaimana terdapat dalam hadits Aisyah: “Nabi SAW. menjaharkan (mengeraskan) bacaannya ketika salat gerhana.”(HR. Bukhari no. 1065 dan Muslim no. 901).

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x